Burung Wambi

Asal Tiongkok tapi bukan pendekar kungfu! Burung wambi hanya bisa berkicau dengan merdu saat bertengger dalam sangkar. Nama ilmiahnya garrulax canorus atau kerap disebut burung hwamei.

Dimana burung ini memiliki alis berwarna putih melingkar sampai ke belakang. Menariknya lagi, wambi mampu berkicau selama 2 menit bahkan lebih.

Harga burung ini juga cukup tinggi dan mencapai angka jutaan rupiah. Di negara Vietnam serta Tiongkok, wambi menjadi burung fighter yang sangat populer.

Ciri Morfologis Burung Wambi Asal Tiongkok

Mungkin belum semua pecinta kicau nusantara mengenal jenis burung wambi. Karena seperti yang dijelaskan tadi, bahwa burung ini memang berasal dari negara Tiongkok atau China.

Suara burung ini dikenal sangat tajam dan keras volumenya. Sehingga saat berkicau, burung ini mengeluarkan suara yang berisik. Namun, selama wambi berkicau, maka akan terdengar indah dan menarik.

Burung Wambi

Selain itu, ada beberapa ciri lain dari wambi, seperti:

1. Mampu mengkristalkan suara.
2. Memiliki ukuran hampir sama dengan kenari .
3. Warna dominannya coklat.
4. Memiliki topeng di kepala melingkari area mata.
5. Termasuk burung rewel.

Apabila kamu melihat burung yang mempunyai ciri-ciri seperti diatas. Maka, bisa jadi burung tersebut adalah wambi yang saat ini juga populer di Indonesia.

Habitat & Penyebaran Burung Wambi

Seperti yang sudah admin jelaskan pada laman atas tadi, bahwa burung wambi merupakan unggas yang berasal dari negeri Tiongkok atau China. Burung ini memang sangat populer dan memiliki kelas sendiri dalam lomba kicau atau kontes di negara asalnya.

Perlu kamu tahu, bahwa wambi merupakan jenis burung yang mempunyai habitat di alam bebas seperti hutan, dan semak belukar. Saat membuat sarang, wambi lebih memilih semak sebagai tempat yang tepat dan dianggap aman.
Ketika wambi berada di alam bebas seperti hutan, maka karakternya akan lincah dan terbang kesana kemari. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu unggas hutan yang cukup sulit untuk ditangkap. Meski begitu, banyak juga pemburu liar yang menggunakan pikat untuk mendapatkannya.

Khususnya di Indonesia, wambi adalah burung yang gemar tinggal di wilayah perairan seperti rawa, danau, dan sungai. Selain itu, wambi juga sangat senang bersembunyi diatas pohon besar dan rindang daunnya.

Makanan Favorit Burung Wambi Saat Di Hutan

Sebagai unggas yang lincah, tentu saja burung wambi mencari makanan pada habitat tempat tinggalnya. Dimana burung ini sangat menyukai makanan seperti buah-buahan.

• Pepaya & Pisang

Dimana buah yang paling sering dimakan oleh wambi adalah menga dan pepaya. Hal ini dilakukannya sebagai aktivitas sehari-hari untuk bertahan hidup dan memberi makan pada anak yang ada dalam sangkarnya.

• Serangga kecil

Selain jenis buah-buahan, wambi juga kerap menyantap serangga untuk jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Wambi kerap berada dipermukaan tanah untuk mencari makanan seperti cacing, ulat, belalang dan jenis serangga kecil lainnya.

• Kroto

Tidak hanya serangga, burung ini juga menyukai telur semut atau larva kecil yang ada di alam bebas. Namun, jenis larva yang paling disukai oleh burung ini adalah kroto atau telur semut rangrang, yang tersedia cukup banyak di alam liar.

• Voer

Saat wambi menjadi burung peliharaan, maka kamu bisa memberinya makan seperti voer yang mengandung gizi dan vitamin. Tetapi, kamu juga wajib memberikan makanan tambahan seperti buah dan serangga dalam kandangnya.
Artinya, saat memelihara burung wambi dirumah, kamu harus memberikan perawatan yang ekstra. Hal ini diperlukan agar burung kamu tidak mengalami stress dan mengalami sakit karena kurangnya perawatan atau asupan makanan yang cukup.

Fakta Menarik Terkait Burung Wambi

Setelah kamu mengerti dimana habitat dan makanan favorit dari burung wambi. Selanjutnya kamu juga bisa menyimak beberapa fakta menarik terkait dengan burung ini.

Menyukai pohon besar, tempat rindang dan penuh daun.

• Di alam liar sangat sulit ditemukan.
• Senang turun untuk minum di sungai.
• Memiliki kebiasaan hidup berkelompok.
• Memiliki tingkat sensitivitas tinggi.
• Takut jika bertemu burung yang lebih besar.
• Jika dirawat tidak tepat, maka burung ini mudah stress.
• Bisa digunakan sebagai masteran burung lain.
• Kemampuan bersuara sambil bergerak.

Namun, sebelum kamu memelihara burung ini, pastikan dulu sudah memiliki dokumen resmi dari CITES atau Convention of International Trading for Endangered Species. Tujuannya, supaya kamu tidak dianggap sebagai pemilik yang ilegal.

Download Suara Kicau Burung Wambi Untuk Masteran

Seperti pada artikel yang sudah admin bagikan sebelumnya, kamu juga bisa mengunduh langsung suara burung wambi dari link yang tersedia.

Download suara wambi untuk pancingan gacor “DISINI”.

Unduh gratis suara burung wambi masteran durasi lama “DISINI”.

Download suara wambi kicau terbaik untuk masteran dan pikat “DISINI”.

Agar proses unduhannya cepat, kamu harus pastikan jaringan internet yang dipakai lancar dan stabil. Kemudian, setelah terunduh, maka kamu bisa menyimpan sound Mp3 wambi untuk dijadikan sebagai pancingan atau masteran.

Cara Membedakan Burung Wambi Betina Dan Jantan

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membedakan burung wambi jantan dan betina. Maka kamu bisa memperhatikan beberapa metode dibawah ini:

1. Suara burung jantan lebih bervariasi dibanding betina.
2. Tubuh betina lebih besar daripada jantan. Jantan terlihat ramping.
3. Lubang hidung jantan sedikit lebih maju. Sementara betina agak kebelakang.
4. Wambi jantan memiliki kaki dan jari-jari tebal. Betina memiliki kaki yang lebih tipis.
5. Jantan memiliki leher panjang, lurus, dan kekar. burung betina lehernya pendek.
6. Tulang panggul betina lebih lebar. Sementara untuk burung jantan sempit.
7. Kloaka pada jantan lebih menonjol. Betina tampak lebih datar.
8. Jantan memiliki bulu ekor lebih panjang. Sementara burung betina pendek ekornya.
9. Jantan memiliki mata lebih kebiruan. Sedangkan untuk agak buram.

Tentu saja kamu bisa membedakan sendiri jenis wambi jantan dan betina secara mudah dan cepat, saat melihatnya ditempat tertentu.

Harga Terkini Burung Wambi

Seperti yang dijelaskan pada laman atas, saat kamu berminat membeli burung ini, maka pastikan sudah legal. Kamu bisa datang ke kantor BKSDA untuk mendapatkan surat resmi memelihara burung ini. Kemudian, baru kamu bisa membelinya di pasar atau pada penjual.

Sementara untuk harga terkini wambi, bisa kamu lihat daftarnya dibawah ini!

• Wambi anakan: Rp 2.200.000.
• Wambi betina: Rp 3.500.000
• Wambi jantan yang sudah gacor: Rp 5.000.000
• Wambi mini: Rp 2.500.000.

Perlu juga kamu ingat, bahwa harga diatas hanyalah perkiraan secara umum saja. Artinya, harga bisa berubah sesuai dengan penawaran yang kamu lakukan saat akan membeli wambi. Jika kamu lihai, maka bisa mendapatkan burung ini dengan harga sesuai keinginan.

Admin yakin kamu sudah sangat paham dan mengerti karakter dari burung wambi yang sudah dijelaskan secara rinci dalam artikel ini. Kamu bisa terus mengikuti artikel lainnya yang juga menarik dengan ulasan dunia kicau paling update. Sekaligus kamu bisa mendapatkan berbagai sound Mp3 burung kicau secara gratis.

Related Posts
Burung Pleci
Burung Pleci

Ada burung pakai kacamata? Gak mungkin! Namun itulah kenyataannya dan menjadi karakteristik dari burung pleci atau yang kerap disebut burung Read more

Burung Hantu
Burung Hantu

Cuwok…cuwok…cuwok…! Kira-kira begitulah suara kicau dari burung hantu atau unggas karnivora dari ordo strigiformes. Bisa dibilang burung satu ini mempunyai Read more