Burung Jalak Kebo

Selalu mengganggu kerbau! Merupakan ciri umum dari burung jalak kebo yang memiliki nama latin acridotheres javanicus. Burung ini juga kerap disebut dengan istilah kerak kerbau.

Menyebar luas di Asia Tenggara dan Asia Timur, termasuk juga di pulau Indonesia bagian barat. Mampu menirukan suara kicau lain bahkan pandai berbicara! Penasaran dengan unggas kicau jenis ini? Simak artikelnya sampai habis!.

Burung Jalak Kebo Acridotheres Javanicus – Tidak Takut Kerbau!

Burung Jalak Kebo

Ada banyak sekali jenis burung kicau nusantara yang bisa kamu jumpai pada wilayah tertentu. Habitat utama dari berbagai jenis burung ini adalah hutan dan semak belukar. Namun, ada juga sebagian yang berani menampakkan diri di wilayah berpenghuni atau perkotaan.

Jika dihitung, maka akan ada ratusan bahkan ribuan jenis unggas kicau yang tersebar dan berkembang biak dengan pesat. Namun, beberapa jenis burung kicau juga kerap dianggap hama bagi petani, karena memakan tanaman dan tumbuhan mereka.

Ini membuat habitat beberapa jenis burung kicau terancam punah karena perburuan yang terjadi. Tak jarang, beberapa jenis burung kicau ditangkap dalam jumlah besar kemudian dijual atau bahkan dimusnahkan. Tentu saja ini akan mengganggu habitat spesies dan jenisnya terancam punah.

Diantara sekian banyak burung kicau di nusantara, burung jalak kebo menjadi salah satu yang banyak diminati. Hal ini dikarenakan burung ini memiliki kicau yang khas dan tidak dimiliki oleh burung lain. Bahkan burung ini juga mampu berbicara seperti manusia.

Secara umum, kamu bisa dengan cepat mengenali burung ini hanya dengan melihat tampilannya saja. Dimana seluruh tubuhnya dibalut oleh bulu yang berwarna hitam pekat. Kemudian bagian kaki dan paruhnya berwarna kuning.

Burung ini kerap berkelompok saat mencari makan di alam bebas. Keunikannya adalah, jalak kebo selalu hinggap di tubuh kerbau untuk mencari kutu atau serangga pada bulu kerbau. Ini merupakan sistem simbiosis mutualisme antar sesama hewan berbeda jenis.

Jalak kebo merupakan spesies burung yang mempunyai tatapan mata tajam. Jika jantan mempunyai warna hitam tegas di kepala dan sayap, ukuran lebih panjang dan besar. kepala lebih besar dan berbentuk kotak.

Kloaka menonjol dan ditumbuhi bulu halus, paruh lebih kokoh, kuat dan panjang. Jambul di sekitar paruh panjang, rapi dan hitam mengkilap, serta ekor menyatu rapat.

Untuk jenis betina, bulu berwarna hitam di sayap dan kepala memudar. Tubuhnya mungil, kepala bulat, kloaka datar. Paruh pendek dan tipis, mahkota di pangkal paruh pendek kurang rapi. Ekornya sering terbuka, atau mengembang.

Ciri Morfologis Burung Jalak Kebo Atau Kerak Kerbau

Kamu bisa mengenali burung jalak kebo dengan sangat mudah saat melihatnya di kandang ombyokan atau alam bebas. Hanya dengan mengenali beberapa ciri sebagai berikut:

1. Berukuran sekitar 25 cm.

2. Bulu berwarna abu-abu tua/ ungu kehitaman.

3. Bercak putih pada bulu primer.

4. Tunggir dan ujung ekor berwarna putih.

5. Jambulnya pendek.

6. Warna paruh kuning.

7. Iris jingga.

8. Kaki kuning.

9. Mampu meniru kicauan burung lain.

10. Ada juga yang bermata dan kaki putih.

Nah, saat kamu menjumpai burung kicau dengan beberapa ciri diatas, maka bisa dipastikan burung tersebut adalah jalak kebo. Jika di alam bebas, kamu bisa menangkap burung ini menggunakan pikat dan suara kicauan jalak kebo Mp3.

Habitat & Wilayah Penyebaran Burung Jalak Kebo

Burung jalak kebo, merupakan salah satu jenis jalak yang memiliki penyebaran dan habitat di negara Indonesia.

Spesies burung ini banyak ditemukan pada wilayah Asia timur, dari Tiongkok Selatan dan Bangladesh.

Di Indonesia, kamu bisa menemukannya berkembang biak di pulau Sulawesi, Bali, Medan, Jawa, dan Sumatera. Namun, burung ini tidak terdapat habitatnya di semenanjung Malaysia.

Bunurng ini bermukim atau habitatnya banyak ditemukan di mangrove, pedesaan, padang rumput, sawah, kebun, dan perkotaan, pada ketinggian 1.500 mdpl.

Menariknya lagi, burung satu ini sering membuat sarang atau tempat tinggal di dalam lubang pohon besar.

Makanan Burung Jalak Kebo Yang Tepat

Saat kamu berminat ingin memelihara burung jalak kebo dirumah. Maka kamu bisa membuat kandang yang luas agar burung bebas terbang di dalamnya.

Selain itu, kamu juga harus menyediakan makanan yang cukup agar burung tetap sehat dan rajin berkicau. Untuk jenis makanan jalak kebo, seperti:

• Buah-buahan

Jalak kebo juga senang memakan buah-buahan segar seperti apel, pepaya, pisang, dan buah lain. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan membelinya di toko buah yang terdekat dengan tempat tinggal kamu.

• Serangga

Tidak hanya buah-buahan, jalak kebo juga senang memakan berbagai jenis serangga kecil. Kamu bisa memberinya serangga seperti belalang, jangkrik, capung, ulat hongkong, dan tonggeret. Bahkan kamu bisa menemukan makanan ini dengan mencarinya di alam.

• Telur semut

Jalak kebo juga sangat suka memakan telur semut. Kamu bisa memberinya asupan makanan semacam ini dengan porsi yang cukup. Telur semut juga mengandung protein dan gizi yang besar sehingga bisa membuat jalak kebo tetap sehat dan staminanya terjaga.

• Voer

Saat memelihara jalak kebo, maka kamu harus menyediakan makanan utama seperti voer disamping makanan tambahan. Selain itu, kamu juga harus menyediakan cup minum dan mandi yang cukup. Karena burung satu ini sangat senang mandi dan membersihkan badannya setiap saat.

Unduh Suara Kicau Jalak Kebo Gratis

Jika kamu berminat mengunduh suara kicau jalak kebo, maka bisa mengunduhnya dari link yang disediakan di bawah ini.

Download kicau jalak kebo variasi ngekek panjang, klik “DISINI”.

Unduh suara jalak kebo banyak variasi untuk pikat, klik “DISINI”.

Kamu hanya perlu menekan sekali pada link download yang sudah disediakan. Kemudian menunggu beberapa saat sampai semua suara jalak kebo Mp3 tersimpan dalam ponsel.

Setelah itu, kamu bisa menggunakannya sebagai alat pikat atau masteran pada burung lain.

Metode Perawatan Untuk Burung Jalak Kebo

Sebagai suhu kicau, kamu mungkin sudah sangat paham bagaimana cara merawat burung jalak kebo. Hal ini akan sangat berguna bagi para pemula yang masih baru belajar atau bahkan belum pernah merawat jalak kebo sama sekali.

Coba perhatikan penjelasan lengkapnya berikut!

Kandang yang cukup

Saat memelihara jalak kebo, kamu memang harus menyediakan kandang yang cukup. Tujuannya, agar burung bisa bergerak bebas karena jalak kebo termasuk jenis yang aktif.

Makan dan minum

Dalam kandangnya, kamu sediakan makanan yang cukup seperti voer, jangkrik, kroto, buah, atau yang lainnya. Selain itu, harus ada cup minum, agar jalak kebo tidak terkena dehidrasi.

Tempat mandi

Selain cup minum, jalak kebo memang menyukai aktifitas mandi setiap hari. Bahkan sehari, burung ini bisa mandi berapa kali. Jadi, kamu harus menyediakan tempat untuk mandinya.

Jemur

Jika jalak kebo yang kamu rawat sudah mandi, maka sebaiknya kamu jemur. Tujuannya, agar suhu tubuh burung tetap terjaga.

Bersihkan kandang

Pembersihan kandang jalak kebo bisa kamu jadwalkan misalnya tiga hari sekali. Agar kandang tetap bersih dari kotoran dan kuman penyakit yang berbahaya.

Pemasteran

Setelah semua aktivitas selesai, pada sore dan malam hari kamu bisa memasterkan dengan suara burung lain. Hal ini bagus untuk menambah variasi suara jalak kebo jika untuk dilombakan.

Kamu juga bisa menambahkan vitamin berupa cairan ke dalam cup minum dalam kandang burung jalak kebo. Dengan demikian, burung akan tetap fit dan bisa beraktivitas setiap hari, serta tidak mudah terkena penyakit.

Related Posts
Burung Kolibri
Burung Kolibri

Mungil namun bersuara nyaring! Merupakan salah satu ciri khas dari burung kolibri. Dimana burung jenis kolibri ada beberapa macam dan Read more

Burung Jalak Suren
Burung Jalak SurenBurung Jalak Suren

Sturnus contra atau banyak dikenal dengan sebutan burung jalak suren, merupakan spesies yang awalnya banyak ditemukan pada wilayah Asia Tenggara Read more