Jenis Kacer

Hallo sobat kicau? Sebagai pecinta burung kicau khususnya jenis kacer atau kucica kampung, kamu harus tau berbagai jenis kacer yang bagus buat lomba. Pengetahuan semacam ini juga bagus buat kamu semua sebagai wawasan dan penyesuaian perawatan pada burung.

Karena memang, untuk burung kacer sendiri ada 5 jenis yang memiliki habitat di Indonesia. Nah, kali ini admin akan mengulas secara lengkap mengenai jenis burung kacer yang bisa kamu jadikan sebagai rawatan dan bagus buat fighter di gantangan. Simak sampai selesai!

Jenis Kacer

Jenis Kacer Fighter Gacor Dor Buat Gantangan!

Seperti sudah admin jelaskan pada laman atas tadi, bahwa ada 5 jenis kacer fighter yang bagus buat kamu rawat. Tentu saja masing-masing jenis burung kacer ini memiliki kelebihan masing-masing dan sudah pasti gacor dor!

Kamu bisa menentukan sendiri pilihan untuk jenis burung kacer yang ingin dirawat sekaligus buat fighter di gantangan.
Nah, apa saja jenis burung kacer yang dimaksud? Baca artikel ini sampai selesai ya!

1. Kacer Jawa (Copsychus Sechellarum)

Kacer Jawa

Copsychus sechellarum atau disebut burung kacer Jawa, merupakan salah satu jenis kacer yang lokal yang bisa kamu rawat. Kacer jenis ini memiliki bulu yang didominasi warna hitam dan hanya mempunyai warna putih di bagian sayap tengahnya.

Hal yang menarik dari burung ini adalah bisa dengan mudah menirukan irama suara burung lain. Tak hanya itu, kacer jenis ini dapat dengan mudah dikenal dari vokal dan penampilannya yang memang menarik.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya dengan pikat atau beli dari kios terdekat.
Harga dari burung ini juga bisa kamu sesuaikan dengan rawatan dan kemampuan dari burung itu sendiri. Jadi, saat ingin membelinya, kamu bisa negosiasi terlebih dahulu dengan penjual.

2. Jenis Kacer Blorok

Dikatakan sebagai burung kacer jenis blorok, karena burung ini adalah hasil persilangan kacer Jawa dan kacer poci. Dimana jenis burung kacer yang satu ini didominasi oleh warna bulu motif hitam putih.

Kamu juga bisa melihat tampilan bulu yang tidak beraturan, sekaligus ciri fisik yang khas dan unik. Keunggulan burung ini adalah memiliki kicauan yang strong dan bisa menirukan suara burung lain. Tak hanya itu saja, burung ini juga bisa dengan cepat gacor atau ngeplong. Wajar saja jika burung kacer jenis ini sangat diminati oleh banyak kicau mania.

Kamu bisa menemukan burung ini ditempat ternak atau dari kios terdekat. Soal harga burung ini bervariasi dan tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

3. Jenis Kacer Poci (Copsychus Saularis)

Jenis Kacer Poci

Selanjutnya ada jenis burung kacer copsychus saularis atau kacer poci, atau kacer Sumatera. Dimana jenis yang satu ini juga tak kalah menarik dibanding dengan jenis burung lainnya. Bisa dikatakan jenis ini menjadi salah satu kacer favorit pecinta burung kicau.

Kacer Sumatera atau kacer Poci memang sangat mudah untuk dikenali. Kamu bisa mengenalnya dari warna hitam legam yang ada di bagian kepala, punggung, leher, serta ekor.

Warna putih pada jenis kacer ini bisa kamu lihat di bagian perut, dada, dan bagian tengah sayap. Kelebihan dari jenis ini adalah bisa mengeluarkan kicauan yang power dan sanggup meniru suara burung lain dalam waktu yang cepat. Jadi, wajar saja jika banyak kicau mania tertarik untuk merawatnya.
Burung kacer jenis ini memiliki perawakan tegap dan kicauan gacor ngobra.

Burung ini juga memiliki nama lain yakni, kacer putih atau dada putih. Habitat burung kacer satu ini tersebar di wilayah Asia, seperti Indonesia, India, China, Nepal, Thailand, Filipina, dan Malaysia.

4. Burung Kacer Kalimantan

Selanjutnya, ada juga jenis burung kacer Kalimantan, yang juga memiliki power suara mengagumkan bagi pecinta kicau. Dimana jenis burung kacer yang satu ini memiliki karakteristik mirip dengan kacer Sumatera.

Hal ini bisa dilihat dari warna bulu. Hanya ada perbedaan sedikit yakni pada bagian dada kacer Kalimantan berwarna hitam. Perlu juga kamu ketahui, bahwa burung kacer satu ini dikelompokkan menjadi 3 spesies.

  • Copsychus Saularis Musicus – merupakan jenis burung kacer Kalimantan yang memiliki warna bulu dominan hitam dan putih terdapat di perut hingga pantat.
  • Adamasi – adalah kacer Kalimantan yang didominasi oleh warna bulu hitam pekat dan sedikit warna putih.
  • Pluto –masuk sebagai trah kacer Kalimantan dengan dominasi warna hitam bagian dada dan tersebar di Pulau Maratua (Kalimantan Utara), kemudian
    Kalimantan Selatan, sampai Malaysia.

Kamu bisa memilih jenis ini untuk dijadikan sebagai fighter terbaik dengan mental yang berani.

5. Kacer Madagaskar Afrika

Tak ketinggalan juga jenis selanjutnya ada burung kacer Madagaskar. Dimana burung satu ini memang berasal dari Afrika dan burung satu ini memiliki kesamaan dengan kacer poci dari penampilannya.

Kicau mania bisa mengenali burung kacer satu ini dari karakteristik tubuh bulat dibanding jenis lain. kacer Madagaskar dikenal memiliki kicauan kristal dan ekspresi khas. Kacer jenis ini memiliki bulu pada leher atas, ekor dan punggung berwarna hitam kebiru-biruan.

Warna khas ini akan terlihat jelas saat burung terkena sinar matahari. Soal kicauan dari burung ini tak kalah strong dari jenis lainnya.

Sudah Tau Belum Karakteristik Dari Burung Kacer Secara Umum? Lihat Penjelasan Berikut!

Nah, dari 5 jenis yang sudah admin jelaskan pada laman atas artikel ini , tentu saja bisa kamu jadikan sebagai referensi. Dimana kamu bisa memahami jenis kacer dan mengenali karakteristiknya saat ingin membeli.

Dimana burung kacer atau kucica kampung merupakan jenis burung kicau yang banyak tersebar di Asia Tenggara dan Selatan. Burung ini mempunyai ekor panjang dan bulu hitam dominan serta diselingi warna putih.

Saat bertengger atau melompat di tanah dan berkicau, burung kacer senantiasa mengangkat ekornya. Kamu bisa dengan mudah menemukan burung jenis ini di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Pada umumnya, burung kicau jenis kacer ini kerap bertengger dan bersarang di lubang pohon atau ceruk dinding.

Makanan alami dari burung satu ini adalah serangga serta invertebrata lainnya. Tetapi, burung ini juga bisa mengkonsumsi ikan, nektar, lintah, kelabang dan reptil.

Di Indonesia sendiri, burung kacer merupakan fauna identitas kabupaten Kulon Progo. Hal ini diperkuat dengan SK Bupati No: 599 tahun 1998 mengenai penetapan flora dan fauna identitas kab Kulon Progo.

Sebagai pecinta burung kicau, tentu saja kamu harus ikut memperhatikan dan menjaga kelestarian burung jenis ini.
Sebagai burung yang merupakan keluarga turdidae atau murai, atau bisa juga dianggap sebagai keluarga muscicapidae. Burung ini memang cukup banyak penggemarnya dan pangsa pasar yang bagus.

“Note”

Berikan secara rutin ekstra food seperti kroto dan jangkrik agar kacer tetap prima serta bersuara lantang!

Apakah Burung Jenis Kacer Bisa Buat Lomba/ Gantangan?

Tentu saja semua jenis kacer bisa kamu ikutkan pada lomba atau gantangan. Dimana kamu bisa melihat kelebihan dari burung kacer saat berkicau atau ngeplong.

Namun, kamu juga tetap harus memperhatikan perawakan dari burung kacer yang pas buat lomba supaya bisa menang. Hal pertama yang harus dipastikan adalah jenis jantan dan kesehatan dari burung itu sendiri.

Kamu bisa melihatnya dari warna bulu hitam dan tidak ada warna kelabu. Aktivitas burung dengan pergerakannya yang lincah dan aktif juga berkicau. Sayap dan cengkeramannya kuat dengan mata yang terbuka.

Pastikan juga asupan pakan yang memiliki gizi dan protein pas agar burung kacer lahap saat makan. Kacer yang bagus buat fight juga bisa kamu lihat dari bentuk kepala papak. Perlu kamu tau, bentuk kepala papak adalah seperti kotak atau tidak lancip atau merunjung.

Jangan lupa, perawatan burung yang bagus juga menjadi prioritas utama supaya jenis kacer yang kamu pilih bisa menjadi juara di setiap perlombaan atau gantangan. Dengan demikian kamu bisa menaikkan trah dan harga jual semakin tinggi.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania!

Related Posts
Burung Murai Batu
Burung Murai Batu

Burung murai batu jadi idola? Wajar saja, karena jenis unggas satu ini masuk dalam keluarga kucica hutan dengan nama latin Read more

Cara Memilih Lovebird Prospek Untuk Lomba
Cara Memilih Lovebird Prospek Untuk Lomba

Bagaimana cara memilih lovebird prospek untuk lomba? Hal ini memang sedikit membingungkan khususnya bagi para pemula pemain lovebird. Dimana perbedaan Read more