Burung Tengkek Buto

Hiii serem, katanya burung tengkek buto peliharaan genderuwo! Menurut sebagian masyarakat yang masih mempercayai mitos pada burung ini. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk salah satu yang juga percaya akan mitos pada tengkek buto ini?

Supaya lebih jelas, kamu baca artikel ini sampai selesai!

Burung Tengkek Buto

Peliharaan Hantu Di Hutan! Burung Tengkek Buto Punya Kicau Yang Merdu

Banyak sekali jenis burung kicau yang dikaitkan dengan berbagai mitos tidak jelas oleh sebagian orang. Namun, ini merupakan salah satu kepercayaan yang memang sulit untuk dihilangkan. Karena bagi sebagian orang, mitos bisa menjadi kenyataan meskipun belum ada kebenarannya.

Bicara soal mitos pada burung, ada banyak jenisnya seperti perkutut, tengkek buto, cucak lilin, gagak, dan lain sebagainya.

Dimana mitos yang beredar ini sangat beragam dan mempunyai ciri masing-masing. Ada mitos pada burung yang dianggap pembawa rejeki, bahkan ada burung yang membawa malapetaka dan musibah.

Tapi perlu kamu tahu, bahwa mitos semacam ini hanya ada di negara Indonesia meskipun bukan kearifan lokal. Namun, tidak semua masyarakat negara Indonesia mempercayai berbagai mitos tersebut. Bahkan ada juga sebagian orang yang malah memelihara burung kicau dengan penuh mitos.

Kenyataannya, burung kicau memiliki jenis suara dan volume yang berbeda-beda. Dimana setiap kicauan memiliki ciri khas dan bisa dikenali oleh para pecinta kicau nusantara.

Karena sejatinya semua mitos yang disematkan pada beberapa jenis burung kicau belum bisa dibuktikan. Hal ini juga tidak ada yang mengklaim bahwa mitos itu adalah benar. Jadi, kamu bisa menilai sendiri apabila ingin memelihara jenis burung yang penuh dengan mitos.

Termasuk salah satunya adalah burung tengkek buto yang dianggap sebagai salah satu unggas pembawa berita buruk. Dimana saat burung ini berkicau di malam hari dekat rumah, maka mitosnya ada maling yang berkeliaran.

Selain itu, saat burung ini hingga di atas rumah lalu berkicau, maka dianggap sebagai pembawa berita buruk bagi penghuni rumah tersebut. Ada juga yang mengatakan bahwa tengkek buto merupakan jenis burung yang dipelihara oleh genderuwo.

Namun sekali lagi semua mitos tersebut belum ada yang membuktikannya secara ilmiah. Sejatinya tengkek buto adalah unggas ciptaan tuhan yang bisa dipelihara oleh siapa saja.

Fakta Menarik Mengenai Burung Tengkek Buto

Dibalik berbagai mitos yang ada di masyarakat mengenai burung tengkek buto, ada beberapa fakta menarik. Dimana hal ini bisa kamu jadikan alasan pasti untuk memilih dan memelihara tengkek buto dirumah.

• Sebagai masteran

Tengkek buto, bisa kamu jadikan sebagai burung masteran untuk jenis burung lain. Karena suara kicaunya yang merdu dan bagus sebagai isian untuk burung sekelas murai batu atau kacer.

• Suara monoton

Tengkek buto juga memiliki suara monoton seperti mengekek dan bersiul. Namun, kelebihannya adalah tengkek buto mampu berkicau setiap saat ditempat yang terang.

• Warna menarik

Burung ini juga memiliki warna pada bulunya yang menarik dan bentuk paruh yang kokoh. Jika dilihat sekilas, burung ini tampil cantik dengan perpaduan warna yang juga apik.

Jenis Makanan Burung Tengkek Buto

Bagi kamu yang tertarik untuk memelihara burung ini sebagai masteran dirumah. Maka kamu harus menyiapkan kandang yang cukup, agar burung bisa bergerak secara bebas dan aktif.

Selain itu, kebersihan kandangnya juga bisa dijaga agar bebas dari kuman. Kamu juga harus menyediakan hal lainnya, makanan dan minuman. Untuk makanan tengkek buto kamu bisa melatihnya memakan voer.

Namun, kamu juga bisa memberikan beberapa makanan tambahan yang mengandung protein tinggi.
Beberapa makanan alami tengkek buto seperti:

Serangga

Kamu bisa memberikan beberapa jenis serangga yang didapat dari alam atau membelinya. Seperti jangkrik, belalang, capung, dan kupu-kupu.

Larva

Selain serangga, tengkek buto juga bisa memakan larva seperti ulat yang ada pada daun. Atau bisa juga kamu berikan ulat daun pisang, dan ulat bambu.

Binatang melata

Selain serangga dan larva, tengkek buto juga kerap memakan binatang melata yang berkeliaran di tanah. Misalnya cacing tanah, lipan, dan kelabang.

Telur semut

Saat bertengger diatas pohon, burung ini juga memakan berbagai telur semut. Jenis telur semut yang paling favorit adalah kroto atau telur semut rang-rang.

Sementara untuk habitat burung ini, bisa kamu temukan di pulau Sulawesi dan Kalimantan. Namun ada juga jenis tengkek buto yang memiliki habitat di pulau Sumatera.

Wilayah penyebarannya juga ada di hutan yang lebat dan jauh dari pemukiman manusia. Burung ini juga kerap berada di tanah untuk mencari makan. Tak jarang juga burung ini berada pada pohon yang memiliki daun lebat untuk mencari makanan.

Jika diperhatikan secara fisik, memang ada perbedaan antara tengkek buto jantan dan betinanya. Dimana jenis jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, selain itu bentuk kepala jantannya lebih kotak. Sedangkan tengkek buto betina adalah sebaliknya.

Download Suara Burung Tengkek Buto Untuk Masteran

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memiliki sound Mp3 burung tengkek buto. Maka admin juga sudah menyiapkan link download agar kamu bisa mengunduhnya.

Kamu bisa menggunakan sound ini untuk memikat burung tengkek buto yang ada di hutan. Atau menjadikannya sebagai masteran bagi burung lain seperti murai batu atau kacer.

Download gratis suara tembakan tengkek buto “DISINI”.

Unduh Suara tengkek buto ngekek rapat “DISINI”.

Miliki gratis suara tengkek buto untuk pikat hutan terbaik “DISINI”.

Seperti biasa, kamu hanya perlu klik sekali saja pada link download yang sudah disediakan. Tekan sekali lalu ikuti semua perintah selama pengunduhannya. Agar kamu bisa memiliki sound Mp3 tengkek buto untuk digunakan sebagai pikat dalam hutan atau masteran burung lainnya.

Trik Perawatan Burung Tengkek Buto Cepat Gacor

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan jika ingin memelihara burung tengkek buto. Tujuannya, supaya burung yang kamu pelihara cepat gacor dan selalu berkicau setiap saat.

Santapan Berkualitas

Kamu harus memberikan makanan yang cukup dan berkualitas. Agar stamina burung tetap terjaga dan mendapatkan asupan gizi serta protein yang sehat.

Mandi

Memandikan burung juga menjadi aktivitas yang bisa dilakukan pada saat pagi hari. Agar bulu pada burung tetap bersih dan tidak terkena kuman.

Jemur

Setelah memandikan burung, kamu wajib untuk menjemurnya. Namun, proses penjemuran ini tidak bisa terlalu lama, sukup pada saat pagi dalam waktu sekitar 3 jam saja.

Kebersihan sangkar

Kebersihan pada sangkar juga harus dilakukan secara terjadwal. Agar kendang bersih dan tidak ada kuman didalamnya.

Kerodongan

Tengkek buto pada malam hari juga bisa kamu kerodong. Lalu memasterkannya dengan suara kicau yang sudah didownload pada laman atas tadi.

Harga Burung Tengkek Buto Terkini

Bagi kamu yang penasaran akan harga terkini dari burung tengkek buto, maka silahkan lihat penjelasannya berikut ini!

1. Tengkek buto yang masih anakan: Rp 1.500.000.
2. Tengkek buto yang sudah gacor: Rp 1.900.000.
3. Burung tengkek buto warna hitam: Rp 1.400.000.
4. Burung tengkek buto yang sudah dewasa: Rp 2.800.000.

Namun, harga yang dijelaskan pada laman atas bisa saja berubah setiap saat. Hal ini tergantung dengan penawaran dari penjual atau negosiasi oleh pembelinya. Tetapi, kamu bisa menjadikan daftar harga burung tengkek buto diatas sebagai patokan saat ingin membelinya sesuai dengan bajet kamu.

Related Posts
Burung Tengkek Udang
Burung Tengkek Udang

Menangkap ikan sambil terbang! Burung tengkek udang menjadi salah satu jenis unggas yang memang hobi makan ikan kecil di sungai. Read more

Burung Cucak Cungkok
Burung Cucak Cungkok

Populer dan cerdas! Merupakan salah satu karakter dari burung cucak cungkok atau yang bernama ilmiah chloropsis hardwickii. Tentu saja unggas Read more