Burung Cililin

Bikin telinga jadi pekak! Saat mendengar burung cililin berkicau atau sedang melawan jenis kicau burung lainnya. Ini sudah menjadi karakter unik yang dimiliki oleh burung ini saat berada di alam bebas maupun sebagai burung fighter.

Lalu apa saja keunikan cililin lainnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut!

Gak Cuman Cerdas – Burung Cililin Juga Mudah Stress!

Dikatakan cerdas, karena memang burung cililin merupakan salah satu jenis unggas yang bisa menirukan suara kicau lainnya. Saat berkicau, cililin mampu mengeluarkan volume suara sangat keras.

Cililin atau tangkar ongklet jenis burung termasuk keluarga dari gagak. Dimana burung ini memiliki tingkat kecerdasan luar biasa. Selain itu, burung ini juga sangat mudah stress jika kondisi atau metode perawatannya kurang baik.

Saat stress, burung ini kerap mengalami macet bunyi, atau bahkan bisa mati. Karakter burung satu ini cukup populer di kalangan pecinta kicau. Dimana cililin merupakan salah satu jenis fighter yang memiliki mental bagus saat di konteskan.

Hal ini terlihat pada saat cililin membalas kicau dari jenis burung lainnya. Dimana semakin keras bunyi burung lain, maka akan semakin keras pula balasan yang dikeluarkan oleh cililin. Bahkan suara bisa lebih lantang dan nyaring.

Cililin memiliki nama ilmiah platylophus galericulatus, dengan bobot sekitar 70 hingga 120 Gram. Kemudian, ukuran burung ini juga bisa mencapai 30 sampai 34 cm, dan didominasi warna coklat atau hitam.

Burung Cililin

Mengapa Harus Merawat Burung Cililin?

Sebenarnya tidak ada keharusan bagi siapa saja untuk merawat dan memelihara burung cililin. Namun, bagi sebagian pecinta kicau, beberapa jenis unggas kicau menjadi favorit yang kemudian bisa dirawat.

Seperti yang kamu tahu, bahwa burung kicau memang memiliki dunianya tersendiri. Selain itu, burung kicau juga memiliki banyak peminat yang kemudian merawat dan memelihara beberapa jenis.

Hal ini dikarenakan burung kicau dianggap menarik dengan berbagai jenis kicauan yang berbeda-beda. Jadi, kicau lovers bisa menentukan jenis burung kicau yang akan dirawat sebagai masteran atau bahkan burung fighter.

Dari sekian banyak jenis burung kicau yang bisa dirawat untuk masteran. Cililin menjadi salah satu yang bagus, dan pastinya memiliki suara dengan volume keras. Ini menjadi salah satu ciri dari burung ini yang memang bisa diandalkan.

Namun, dalam perawatannya cililin memang harus diperhatikan benar-benar. Karena memang burung satu ini sangat mudah stress jika tidak diberikan perawatan yang sesuai. Jadi, pemiliknya memang harus memberikan pakan yang cukup dan metode perawatan yang tepat.

Jenis-Jenis Burung Cililin Populer Di Kalangan Kicau Mania

Dilihat dari jenisnya, burung cililin memiliki dua jenis yang sangat dikenal oleh para suhu kicau. Dimana masing-masing jenis ini dibedakan oleh warna bulu yang mendominasi pada tubuhnya.

1. Cililin Hitam

Suara kasar ngeroll, durasi pendek. Pada bagian kepalanya, terdapat jambul warna hitam atau warna abu-abu kehitaman. Bulu pada tubuhnya dominan hitam dan berasal dari pulau Jawa dan sekitarnya. Bagian mata burung ini berwarna abu-abu atau kehitaman.

2. Cililin Coklat

Banyak dijumpai di hutan sumatera, cililin coklat memiliki mata warna hitam pekat. Tentu saja bulu pada tubuhnya didominasi oleh warna coklat. Selain itu, burung ini memiliki suara lebih bertenaga dan kencang. Cililin coklat mempunyai jambul berwarna coklat dan kehitaman.

Kamu bisa memilih dan menentukan sendiri untuk jenis cililin yang ingin dirawat dirumah sebagai masteran. Karena memang kicau cililin ini unik dan khas, kemudian termasuk salah satu jenis unggas yang cerdas.

Harga Terupdate Burung Cililin

Bicara soal harga jenis burung cililin, memang memiliki variasi yang banyak. Ini tergantung dengan kondisinya. Kamu bisa mengetahui perkiraan harga atau bajet yang akan dikeluarkan saat ingin memiliki burung satu ini.

• Jenis cililin anakan: Rp 500.000

• Cililin coklat bahan: Rp. 1.000.000

• Cililin gacor: Rp. 3.500.000

• Cililin hitam bahan: Rp. 500.000

• Jenis cililin hitam dewasa: Rp. 1.250.000

Nah, admin yakin kamu sudah bisa memperkirakan harga dari cililin yang ada di kios burung. Kamu bisa mempersiapkan bajet yang sesuai dengan jenis dan kemampuan cililin yang akan dibeli.

Habitat Dan Penyebaran Burung Cililin

Bagi kicau lovers yang berminat memelihara burung cililin untuk masteran, maka bisa menjumpainya pada habitat alaminya.

Dimana burung ini hidup dan berkembang biak di wilayah hutan dataran rendah dan terbang hingga ketinggian 1.200 Mdpl. Cililin sendiri banyak ditemukan pada wilayah Jawa, kalimantan, Sumatera, Sunda Besar, bahkan sampai ke Semenanjung Malaysia.

Saat berada di alam liar, burung ini kerap mencari makan sejenis serangga. Jadi tak heran jika cililin sering berada di permukaan tanah untuk mencari makan seperti ulat, jangkrik, belalang, dan lain sebagainya.

Menariknya burung ini mampu mengeluarkan kicau dengan tembakan yang panjang dan rapat. Wajar saja jika cililin menjadi salah satu jenis masteran yang banyak diminati oleh kicau mania.

Cara Mudah Membedakan Cililin Jantan Dan Betina

Diketahui jenis burung cililin jantan memiliki volume suara yang lebih kencang serta nyaring dibandingkan betina. Ini akan menjadi sesuatu yang menarik dan bisa kamu jadikan sebagai masteran terbaik.

Nah, untuk membedakan jenis cililin jantan dan betina, kamu bisa melihat penjelasannya berikut:

1. Jantan mempunyai bintik putih kecil di alis mata.

2. Bulu putih pada leher tebal dan hitam tampak jelas.

3. Badan dan kepala besar.

4. Badan tegak, sering bunyi.

5. Memiliki suara rapat, panjang dan kasar.

6. Agresif dibanding betina.

Sementara untuk cililin yang betina, kamu bisa melihat penjelasan berikut:

1. Memiliki bintik putih besar pada alis mata.

2. Bulu putih bagian leher tipis dan kurang jelas hitamnya.

3. Badan serta kepala cenderung kecil.

4. Warna terlihat lebih muda.

5. Posisi badan membungkuk lebih bulat.

6. Suara kalah gacor pendek dan halus.

Nah, dari beberapa ciri-ciri cililin yang sudah dijelaskan di laman atas. Tentu saja bisa kamu jadikan wawasan saat ingin membeli burung ini di kios penjual atau memikatnya dari alam bebas.

Cara Mudah Merawat Burung Cililin

Karena memang burung cililin mudah stress, kamu bisa memberikan perawatan terbaik. Hal ini meliputi rawatan harian dan pemberian makanan. Ada beberapa cara seperti berikut!

• Mandikan

Cililin harus rajin dimandikan baik dalam kandang menggunakan cepuk air atau pakai alat semprot. Hal ini untuk menjaga kebersihan badan agar tidak mudah kena kuman.

• Membersihkan sangkar

Kandang cililin juga harus kamu bersihkan secara terjadwal dari kotorannya. Karena kotoran dalam kandang bisa mendatangkan penyakit bagi burung.

• Anginkan

Setelah dimandikan, cililin bisa kamu angin-anginkan untuk mengeringkan tubuhnya dari air setelah mandi. Selain itu, burung juga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup agar tetap aktif.

• Beri makan

Makanan burung cililin bisa kamu berikan voer dalam cup yang ada di kandangnya. Namun, kamu juga memberikan makanan tambahan lainnya seperti kroto, jangkrik, ulat, telur rebus, dan cicak.

• Gantung tinggi

Setelah semua perawatan di atas kamu lakukan, maka selanjutnya kamu bisa menggantung kandang ditempat yang tinggi. Tujuannya agar burung tidak mudah jinak dan stress.

Semua hal mengenai burung cililin sudah admin jelaskan secara rinci dalam artikel kali ini. Jangan lupa untuk ikuti terus artikel lainnya mengenai informasi menarik seputar dunia kicau. Kamu bisa memanfaatkan laman pencarian yang ada di sebelah kanan atas. Semoga bermanfaat!

Related Posts
Burung Anis Merah
Burung Anis Merah

Cantik tapi bukan manusia! Inilah salah satu jenis unggas bernama burung anis merah dengan semua kelebihannya. Dimana kicauannya selaras dengan Read more

Burung Lovebird
Burung Lovebird

Suka birahi! Merupakan salah satu ciri khas dari burung lovebird apabila dipelihara tanpa pasangannya. Unggas ini termasuk dalam jenis burung Read more