Burung Serindit

Tidur terbalik! Itulah salah satu kebiasaan dari burung serindit yang masih masuk kedalam keluarga burung paruh bengkok. Dimana burung ini juga mampu berkicau dengan banyak variasi dan pastinya terdengar merdu.

Burung ini memiliki ukuran tubuh kecil dan banyak tersebar pada hutan tropis yang ada di Asia Tenggara.

Tidak hanya itu saja, burung yang bulunya didominasi warna hijau ini juga banyak terdapat di Indonesia khususnya di Riau.

Burung Serindit

Hijau Seperti Daun – Burung Serindit Idola Pecinta Kicau!

Burung serindit memiliki bulu dominan warna hijau, yang dilengkapi oleh paruh bengkok mungil warna hitam. Burung ini memiliki ekor pendek dan umumnya berkelompok baik saat mencari makan, atau berkembang biak.

Seperti yang kamu tahu, bahwa banyak jenis burung kicau yang gemar dipelihara oleh para pecinta kicau. Berbagai jenis burung kicau tersebut memang mampu mengeluarkan kicauan merdu yang menarik perhatian.

Beberapa jenis burung kicau bahkan sudah populer dan memiliki harga jual yang tinggi sesuai kemampuannya.

Misalnya burung murai batu, kenari, lovebird, kacer, kolibri, jalak suren, cipoh, dan masih banyak lagi. Dimana beberapa jenis burung kicau tersebut bisa diikutkan dalam lomba atau kontes burung.
Tentu saja burung kicau yang menang akan mendapatkan predikat sebagai juara. Secara otomatis, burung yang sudah mendapatkan predikat juara akan menaikkan trah dan harga jualnya. Tentu saja ini akan menguntungkan bagi kamu sebagai pemilik burung kicau tersebut.

Dari sekian banyak burung kicau, ada jenis yang berparuh bengkok dan bertubuh kecil. Diantaranya adalah serindit yang memiliki warna hijau dan tubuh mungil dengan paruh bengkok.

Burung ini gemar memakan biji-bijian di alam liar sebagai makanan utamanya. Uniknya, burung kecil satu ini memiliki kebiasaan tidur dengan tubuh terbalik sambil bergelantungan.

Kebiasaan Unik Burung Serindit Di Alam Liar

Admin sudah menjelaskan sedikit pada laman atas tadi tentang burung serindit yang memiliki kebiasaan tidur tergantung dan terbalik.

Selain itu, kemampuan kicau burung kecil satu ini juga menarik perhatian dan bagus untuk dijadikan sebagai burung masteran. Serindit juga memiliki hobi yang unik dan kerap membuat lubang pada pohon sekitar 10 meter.

Serindit bertelur akan menciptakan sarang dari bahan-bahan alam di sekitarnya. Serindit termasuk hewan arboreal atau hidup hanya di atas pepohonan dan belukar. Serindit jantan memiliki corak biru di bagian atas kepala, sedangkan betinanya tidak. Dada serindit jantan terlihat kemerahan.

Jenis Spesies Burung Serindit

Burung serindit juga memiliki banyak jenis spesies yang memiliki ciri masing-masing dan mudah dikenali. Sebagai penggemar serindit, tentu saja kamu harus tahu apa saja jenis spesies dari burung kecil satu ini.

Spesies serindit yang dimaksud adalah loriculus vernalis, loriculus beryllinus, loriculus philippensis, loriculus galgulus atau serindit Melayu, loriculus stigmatus atau serindit Sulawesi. Selain itu ada juga jenis serindit Maluku atau loriculus amabilis, loriculus sclateri, loriculus catamene, atau serindit Sangihe, dan loriculus aurantiifrons, atau serindit Papua.

Ada juga spesies burung serindit lainnya, seperti loriculus tener, loriculus exilis atau serindit paruh merah, loriculus pusillus atau serindit Jawa, dan loriculus flosculus atau serindit Flores.
Sementara untuk klasifikasi ilmiahnya burung satu ini masuk dalam kerajaan animalia dari filum chordata. Serindit diketahui memiliki kelas aves dan ordo psittaciformes. Burung ini juga termasuk keluarga psittacidae dari genus loriculus.

Serindit juga masuk dalam jenis burung yang cerdas karena bisa dilatih untuk melakukan sesuatu. Misalnya berjalan sambil memanjat, memainkan beberapa benda kecil seperti bola. Saat berkicau, serindit juga mampu mengeluarkan suara nyaring dan menarik perhatian.

Jenis Makanan Serindit Terbaik Saat Dipelihara

Burung serindit termasuk salah satu yang cukup dikenal oleh para pecinta kicau khususnya di Indonesia. Hal ini, karena serindit memang jenis unggas kecil yang bisa dipelihara bahkan dikembang biakkan.

Dominasi warna hijau pada tubuhnya merupakan ciri khas dari burung kecil satu ini. Dimana burung ini memiliki kebiasaan menghabiskan waktunya berada diatas pohon dan jarang terbang.

Saat berada di alam liar, burung ini kerap terlihat dalam jumlah banyak atau bergerombol. Burung ini sering terlihat berada diatas pohon yang berbuah seperti biji-bijian misalnya jagung dan lainnya.

Sementara, untuk di alam liar, burung ini kerap memakan beberapa jenis, seperti:

• Biji-bijian

Seperti yang dijelaskan tadi, bahwa serindit juga gemar memakan jenis biji-bijian di alam bebas. Dimana burung ini kerap mengkonsumsi makanan seperti jagung, padi beras, padi ketan, petai, dan masih banyak lagi.

• Kacang-kacangan

Selain biji-bijian, burung serindit juga kerap memakan banyak jenis kacang-kacangan. Dimana burung ini kerap menemukan jenis kacang yang ada di alam bebas, seperti almond, kacang tanah, kedelai, dan jenis kacang lainnya.

• Buah-buahan

Serindit juga kerap memakan buah-buahan di alam liar dengan tekstur yang lemah. Misalnya pepaya, pisang, apel, dan jenis buah segar yang lainnya. Tentu saja makanan jenis buah ini bisa menambah vitamin dan gizi pada burung untuk selalu sehat dan bertahan hidup.

• Sayur

Jika kamu memelihara serindit dirumah, maka kamu bisa memberikan makanan sejenis sayuran.
Beberapa jenis sayuran yang digemari oleh serindit, seperti paprika, wortel, brokoli, dan bayam. Tentu saja sayuran juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan bagus untuk unggas jenis burung.

• Telur

Memelihara serindit juga sangat mudah, termasuk jenis pakan yang memang disukainya. Dimana burung ini juga senang memakan telur. Kamu bisa memberikan telur yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan makanan utama burung.

Jika burung jenis serindit yang kamu rawat sehat dan memiliki stamina prima. Maka tidak akan sulit bagi kamu mendengarnya berkicau sepanjang hari.

Jadi, wajar saja jika ada banyak kicau lovers yang kemudian memilih serindit sebagai burung masteran. Atau, kamu juga memasterkan suara kicau lain pada burung ini agar suaranya lebih bervariasi. Dengan demikian, kamu tidak akan sulit untuk memenangkan kontes atau lomba burung di tempat kamu tinggal.

Apakah Burung Serindit Dilindungi?

Jika kita bicara mengenai perlindungan hewan yang ada di negara Indonesia. Tentunya semua jenis hewan memiliki hak untuk hidup dan berkembang biak. Hal ini juga terkait dengan rantai makanan yang simbiosis mutualisme.

Namun, pada beberapa tempat menganggap serindit merupakan jenis burung hama yang suka merusak tanaman petani. Hal ini dikarenakan serindit gemar mengkonsumsi padi dalam jumlah besar dan merusak pohonnya.

Sehingga banyak petani yang merasa dirugikan oleh tingkah dan kebiasaan dari burung ini. Itulah mengapa banyak petani kemudian menjerat atau menangkap burung ini dalam jumlah besar untuk dijual bahkan dikonsumsi.

Jika hal ini terjadi terus menerus, maka perkembangan burung serindit akan menurun dan populasinya menjadi langka. Yang lebih dikhawatirkan lagi, jika perkembangan burung ini menjadi hilang atau bahkan punah.

Untuk itu, sebagai warga negara yang bijak, hendaklah kita bersama menjaga kelestariannya. Dengan tidak memburu dan menangkap burung ini dalam jumlah yang besar. Agar burung serindit tetap terjaga habitatnya dan lestari di alam Indonesia.

Related Posts
Burung Cucak Rawa
Burung Cucak Rawa

Masih ingat lirik manuk’e manuk’e cucak rowo, yang dibawakan oleh almarhum Didi Kempot? Ini menjadi penanda bahwa burung cucak rawa Read more

Burung Jalak Bali
Burung Jalak Bali

Leucopsar rothschildi, atau burung jalak bali masih menjadi primadona di kalangan pecinta kicau nusantara. Jalak jenis ini memang menjadi burung Read more