Burung Selendang Biru

Merdu mendayu-dayu! Suara kicau burung selendang biru atau tledekan biru yang kerap terbang bebas dalam hutan. Jenis termasuk salah satu yang bisa kamu rawat dan jadikan sebagai masteran terbaik untuk burung lain.

Burung ini ada dua jenis, yakni selendang biru muda atau cyornis unicolor dan selendang ninon atau eumyias indigo. Meskipun yang sering dijumpai pada alam bebas adalah selendang biru muda.

Apa makanan burung ini, dan dimana habitatnya? Simak ulasan lengkapnya sampai selesai!

Terbang Bebas Diudara – Burung Selendang Biru Primadona Kicau Mania!

Berwarna biru terang, dada dan tenggorokan dan biru muda, kekang hitam, perut putih keabuan, dan ekor bawah warna putih. Itulah sekilas mengenai ciri dari burung selendang biru saat terlihat terbang di alam bebas.

Menariknya lagi, untuk jenis selendang biru muda yang ada di Indonesia adalah cyornis unicolor harterti. Dimana kamu bisa dengan mudah melihatnya saat berada di pulau Kalimantan, Jawa, dan Sumatera.

Sementara untuk selendang ninon ada tiga sub spesiesnya yakni eumyias indigo ruficrissa yang bisa ditemukan di Sumatera. Kemudian ras lain yakni eumyias indigo indigo ada di Jawa, dan eumyias indigo cerviniventris di Kalimantan Utara tepatnya di gunung Kinabalu sampai ke gunung Mulu.

Burung Selendang Biru

Penyebaran Dan Habitat Burung Selendang Biru

Burung selendang biru kerap ditemukan di wilayah hutan subtropik atau tropik dengan daerah yang lembab. Dimana burung satu ini masuk kedalam jenis burung pemakan serangga.

Namun, tak jarang juga burung ini dijumpai pada wilayah yang dekat dengan perairan. Misalnya di tepi sungai bahkan danau.

Untuk penyebarannya, selendang biru banyak ditemukan di Asia Selatan seperti Bhutan, India, Bangladesh.
Juga ada di Asia Tenggara tepatnya di Malaysia, Kamboja, Tiongkok, Thailand, Vietnam, serta Indonesia.
Nah, untuk di Indonesia sendiri kamu bisa menjumpai selendang biru pada pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.

Ciri-Ciri Morfologis Burung Selendang Biru

Mungkin sebagian kicau mania masih belum mengenal secara jelas ciri-ciri dari burung selendang biru ini. Untuk itu, admin akan menjelaskan secara rinci mengenai ciri pada tubuh dan kebiasaan burung satu ini.

1. Selendang biru memiliki ukuran sedang 16 cm.
2. Jantan tubuh atas warna biru terang.
3. Dada biru lebih muda.
4. Perut warna putih keabu-abuan.
5. Sementara untuk betina bagian tubuh warna coklat keabuan.
6. Lingkar mata warna kuning kecoklatan.
7. Selendang biru remaja tubuh warna coklat.
8. Dihiasi bintik hitam dan kuning kecoklatan.
9. Kicauan selendang biru merdu naik turun seperti suling.

Nah, dari penjelasan diatas, admin yakin kamu sudah bisa mengenal burung jenis selendang biru atau tledekan biru. Namun, agar lebih jelas, kamu bisa lihat dan pelajari bagaimana cara membedakan jenis jantan dan betinanya.

Cara Membedakan Jenis Burung Selendang Biru Jantan Dan Betina

Bagi kicau lovers yang belum mengenal burung selendang biru secara menyeluruh. Tentu saja akan ada kesulitan tersendiri membedakan jenis jantan dan betinanya. Tetapi hal ini bisa kamu pelajari secara mudah dengan melihat penjelasan di bawah ini!

Selendang biru jantan:

• Postur tubuh jantan lebih besar.
• Ukuran kepala jantan lebih kecil
• Mempunyai paruh panjang, runcing, dan kuat.
• Bulu berwarna biru dari kepala hingga ekor.

Selendang biru betina:

• Postur tubuh betina lebih kecil.
• Ukuran kepalanya lebih besar.
• Betina mempunyai paruh pendek dan tidak kuat.
• Betina mempunyai bulu cenderung gelap kecoklatan.

Nah, dari beberapa perbedaan yang sudah admin jelaskan, kamu akan lebih mudah membedakan mana jantan dan betinanya. Jadi, kamu tidak lagi sulit memilih burung ini saat dijual dalam kandang ombyokan atau langsung dari peternaknya.

Harga Terkini Burung Selendang Biru

Burung selendang biru masih menjadi idola kicau mania yang juga bagus untuk dijadikan sebagai masteran burung lain. Kamu bisa membelinya dengan harga yang beragam pada kios penjual burung atau tempat peternak yang terdekat.

Sebagai patokan harga beli burung ini, kamu bisa lihat daftarnya berikut!

1. Bakalan jantan selendang biru: Rp 70.000
2. Jantan sudah mandiri: Rp 120.000.
3. Anakan atau trotolan usia 2 bulan: Rp 140.000.
4. Trotolan sudah makan sendiri: Rp 170.000.
5. Selendang biru dewasa : Rp 170.000.
6. Dewasa yang sudah jinak: Rp 200.000.
7. Dewasa yang sudah gacor: Rp 300.000.

Kamu bisa memilih dan menentukan sendiri jenis selendang biru yang akan kamu beli dari penjualnya langsung. Namun, harga bisa saja berubah tergantung dengan penawarannya. Tarif yang ada di atas hanya perkiraan saja sebagai dasar persiapan bajet yang kamu miliki.

Tips Merawat Burung Selendang Biru Cepat Gacor

Bagi kamu yang berminat memiliki dan merawat burung ini dirumah sebagai masteran atau untuk hiburan. Tentu saja kamu harus memahami metode perawatan burung agar cepat gacor dan rajin bunyi.

• Sangkar

Kamu mesti mempersiapkan sangkar untuk burung selendang biru dengan ukuran yang cukup. Hal ini dimaksudkan agar burung bisa bergerak bebas dalam sangkarnya dan tidak merusak bulu. Selain itu, agar burung bisa aktif setiap hari dan mau berbunyi.

• Pengembunan

Pengembunan bisa kamu lakukan pada jam tertentu saat pagi hari. Hal ini harus dilakukan agar burung tledekan biru milik kamu tetap merasa segar. Selain itu, udara yang masuk masih segar dan pastinya supaya burung tetap sehat.

• Mandi

Setelah penjemuran dilakukan, kamu bisa langsung memandikan burung menggunakan semprotan. Atau, kamu bisa menyiapkan wadah air dalam kandang. Tujuannya, agar burung kamu bisa melakukan aktivitas mandi sendiri secara bebas.

• Jemur

Setelah dimandikan, burung wajib kamu jemur dibawah sinar matahari saat pagi menjelang siang. Namun, penjemuran ini tidak boleh terlalu lama dan hanya berdurasi sekitar 2 atau 3 jam saja. Waktu penjemuran yang pas sekitar jam 9 pagi, sampai jam 11 siang.

• Makanan

Dalam kandang selendang biru kamu juga harus menyediakan makanan yang cukup seperti voer. Selain itu, kamu juga harus memberikan makanan tambahan seperti serangga. Kamu bisa memberikan jangkrik, belalang, ulat hongkong, dan kroto yang bisa didapatkan dari alam atau membelinya.

• Vitamin

Selendang biru juga membutuhkan vitamin tambahan yang dimasukkan pada makanan atau minumannya. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan stamina burung agar tidak mudah sakit. Karena burung yang sehat, pastinya akan semakin gacor dan rajin berbunyi setiap saat.

Kebersihan

Menjaga kebersihan kandang selendang biru juga harus dilakukan secara konsisten. Kamu bisa melakukan pembersihan kandang saat burung berada dalam kandang apiari. Tujuannya, agar kandang tetap bersih dan tidak dikerumuni oleh kuman yang bisa membahayakan kesehatan burung.

• Pemasteran

Jika semua perawatan seperti diatas sudah kamu lakukan dengan tepat, maka saat malam kamu bisa mengkrodong kandang. Lalu memberikan masteran dengan kicau Mp3 menggunakan ponsel kamu. Agar suara burung kamu lebih bervariasi dan melatih mentalnya supaya tetap berani.

Admin yakin kamu sudah sangat paham tentang penjelasan burung selendang biru dalam artikel ini. Jangan lupa ikuti terus artikel lainnya di website kami yang selalu berbagi info paling baru mengenai dunia kicau.
Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Related Posts
Makanan Burung Srigunting
Makanan Burung Srigunting

Dalam artikel ini, NusantaraKicau.Com akan menjelajahi lebih dalam mengenai makanan burung srigunting, baik yang ditemukan secara alami maupun yang disediakan Read more

Burung Kapas Tembak
Burung Kapas Tembak

Selalu nembak! Mungkin itu julukan yang cocok untuk burung kapas tembak yang memiliki suara khas. Dimana burung ini masih menduduki Read more