Burung Jalak Nias

Bukan beo, bukan juga jalak kebo! Tetapi ini burung jalak Nias yang memang memiliki tampilan hampir mirip dengan dua jenis burung tadi. Meskipun namanya jalak Nias, tetapi burung ini bukan berasal dari pulau Nias. Justru burung ini memiliki penyebaran aslinya di Asia Tenggara, Amerika, Afrika, dan Indonesia.

Habitat burung ini sendiri pada wilayah pegunungan dengan ketinggian sekitar 3000 mdpl.

Ternak Burung Jalak Nias Bisa Hasilkan Uang Banyak

Selain memelihara burung jalak nias sebagai burung rumahan atau fighter. Kamu juga bisa mengembang biakkannya dengan cara beternak. Hal ini akan menghasilkan uang sebagai penghasilan sampingan.

Seperti yang kamu tahu, bahwa saat ini ada banyak sekali peternak burung yang sudah berhasil. Jenis burung kicau yang paling umum diternakkan adalah murai batu, lovebird, kenari, dan kacer. Namun apakah jenis jalak juga bisa dikembang biakkan?

Burung Jalak Nias

Tentu saja bisa, dengan menjodohkan antara pejantan dan betina dalam satu kandang. Tetapi, kamu harus mengerti bagaimana cara budidaya yang baik dan asupan makanan yang tepat. Tujuannya, agar burung yang kamu pelihara tidak kelaparan.

Demikian juga dengan jenis jalak Nias yang bisa kamu budidayakan atau ternak untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.
Hal ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan beberapa hal termasuk kandang yang cukup. Lalu menyiapkan bibit jantan dan betina agar mau kawin pada saat musimnya tiba.

Saat berhasil bertelur dan menetas, maka kamu bisa menyapih anakan jalak Nias untuk di loloh atau diberi pakan yang sesuai. Setelah memasuki usia dewasa, maka kamu bisa menjual burung ini dengan variasi harga sesuai pasaran.

Dengan demikian, kamu bisa menambah pundi-pundi uang dari penghasilan sampingan ternak burung.

Serupa Tapi Tak Sama – Burung Jalak Nias Mirip Jalak Kebo Dan Beo!

Serupa tapi tak sama! Jika diperhatikan sekilas tampilan burung jalak Nias memang mirip dengan jalak kebo atau beo.
Burung satu ini memiliki kepopuleran tengahan antara jalak kebo dan suren yang sudah sangat dikenal pecinta kicau. Meski begitu, jalak Nias juga banyak diminati pecinta kicau karena berbagai keistimewaannya.

Jika dilihat dari karakteristiknya, burung ini memiliki beberapa fakta menarik, seperti berikut:

1. Memiliki ciri-ciri warna bulu dominan hitam.
2. Kepala, dada, dan leher warna putih.
3. Ada garis bulu kuning di sekitar mata.
4. Terdapat jambul putih di atas kepalanya.
5. Bagian bawah ekornya warna putih.
6. Paruh kuning terang.
7. Kaki kuning gading.
8. Pada sayap terdapat selipan warna putih.

Seperti yang dijelaskan tadi, jika sekilas burung ini akan terlihat seperti jalak kebo atau bahkan burung beo. Namun, ada perbedaan yang signifikan pada seluruh bagian tubuh masing-masing burung tersebut.

Perbedaan Antara Burung Jalak Nias Jantan Dan Betina

Sementara bagi kamu para pecinta kicau yang tertarik untuk membudidayakan jenis burung jalak Nias. Maka kamu harus bisa menentukan jenis jantan dan betina untuk ditangkarkan.

Agar lebih jelas, coba perhatikan penjelasan berikut:

• Jantan kepalanya pipih persegi dan ada jambul. Betina tidak ada jambul dan kepalanya bulat.
• Suara jantan lebih nyaring dan agresif. Jalak Nias betina cenderung lebih diam dan suaranya kecil.
• Waktu berkicau, jalak Nias jantan akan mengangguk dan jambul mengenmbang. Sedangkan betina tidak.
• Warna hitam pada tubuhnya terlihat lebih terang dan berkilau. Sementara betina lebih kusam.
• Jalak Nias jantan mengeluarkan kicau yang bervariasi. Untuk jalak Nias betina suara kicaunya monoton.

Nah, dari beberapa perbedaan yang sudah dijelaskan pada laman atas, tentu saja kamu bisa memilih sendiri. Dimana jantan dan betina diperlukan untuk mengenbangbiakkan burung ini dalam tangkaran yang sudah kamu persiapkan.

Fakta Unik Burung Jalak Nias Di Alam Bebas

Sebagai salah satu jenis burung kicau yang juga diminati oleh banyak orang. Tentu saja burung jalak Nias memiliki berbagai fakta unik, seperti:

1. Di pohon besar sarang menumpang

Fakta pertama yang unik dari jenis jalak Nias adalah, tidak membuat sarang sendiri. Burung ini umumnya menumpang pada sarang burung lain yang sudah dibuat pada pohon besar dan rimbun.

2. Burung omnivora

Jalak Nias termasuk kedalam golongan hewan unggas omnivora. Maksudnya burung ini memakan berbagai jenis seperti serangga kecil, nektar, reptil, bahkan buah-buahan segar.

3. Ancaman punah

Burung ini juga termasuk salah satu yang terancam punah penyebaran dan habitatnya di alam bebas. Hal ini dikarenakan banyaknya perburuan dan kondisi alam yang bisa jadi berubah-ubah.

4. Golongan burung beo

Jalak Nias juga termasuk dalam keluarga burung beo atau dianggap sebagai unggas yang cerdas. Dikarenakan burung ini bisa menirukan berbagai suara yang ada disekitarnya, bahkan bisa bicara layaknya manusia.

5. Ekspresif dan aktif

Saat memelihara burung ini dirumah, maka kamu akan melihat kelincahannya. Burung ini kerap melompat kesana kemari dalam sangkar bahkan sambil berkicau dengan nyaring.

Setelah kamu menyimak beberapa fakta diatas, admin yakin kamu sudah mengerti mengapa jalak Nias dianggap terancam punah.

Harga Terkini Burung Jalak Nias

Bagi siapa saja yang berminat membeli burung jalak Nias, tentu saja harus mengetahui berapa harga terkini. Admin akan menjelaskan patokan harga jalak Nias sesuai dengan jenis dan kemampuannya.

• Jalak Nias anakan, sekitar 100 ribuan.
• Usia anakan sudah mandiri, berkisar di 500 ribuan.
• Jalak Nias dewasa belum gacor. Sekitar 700 ribuan.
• Jalak Nias sudah gacor dan bisa bicara 1 jutaan.

Namun tetap saja harga diatas tidak bisa kamu jadikan sebagai patokan. Hal ini bisa saja berubah kapanpun sesuai dengan kondisi dan kemampuan jalak Nias tersebut.

Burung Jalak Nias Bisa Dipikat Atau Dimasterkan

Perlu juga kamu tahu, jika burung jalak Nias merupakan jenis unggas kicau yang memiliki habitat di hutan lereng gunung. Burung ini bisa kamu dapatkan dengan cara memikatnya menggunakan masteran Mp3.

Kamu bisa menyiapkan jalak Nias jantan lainnya sebagai pikat untuk memancing burung ini. Atau bisa juga menggunakan sound masteran Mp3 yang bisa kamu download dari link kami.

Suara jalak Nias gacor durasi panjang, download “DISINI”.

Download Mp3 jalak Nias bagus untuk pikat di hutan, klik “DISINI”.

Sound jalak nias Mp3 banyak variasi cocok untuk masteran, klik “DISINI”.

Selain suara kicau yang bisa kamu download dilaman atas untuk dijadikan pancingan pikat. Kamu juga bisa menggunakannya untuk masteran burung lain atau jalak Nias itu sendiri yang masih anakan. Jadi, kamu tidak perlu membeli jenis burung lainnya sebagai masteran jika bisa didownload dari link yang ada.

Ini akan menjadi sesuatu yang bisa mempermudah kamu saat ingin mendapatkan jalak Nias dari habitatnya. Karena kamu bisa menggunakan sound Mp3 tersebut sebagai pancingan pikat jalak Nias yang jantan.

Tetapi, sebagai warga negara yang bijak, sebaiknya kamu tetap menjaga kelestarian burung jalak Nias di alam agar tidak punah. Atau membantu membudidayakannya dengan cara beternak resmi dan bukan untuk diperjual belikan secara ilegal.

Related Posts
Jenis Kacer
Jenis Kacer

Hallo sobat kicau? Sebagai pecinta burung kicau khususnya jenis kacer atau kucica kampung, kamu harus tau berbagai jenis kacer yang Read more

Burung Parkit
Burung Parkit

Burung Parkit - Jika pada beberapa artikel admin yang lalu sudah mengulas tentang beberapa jenis paruh bengkok seperti lovebird, nuri, Read more