Burung Kapas Tembak

Selalu nembak! Mungkin itu julukan yang cocok untuk burung kapas tembak yang memiliki suara khas. Dimana burung ini masih menduduki kelas unggas kicau dengan harga yang lumayan mahal.

Ini dikarenakan kapas tembak memiliki keistimewaan serta suara besetan yang berbeda dari jenis burung kicau lainnya.

Apakah burung ini termasuk keluarga kolibri atau sejenis cucak? Untuk lebih memahaminya, kamu bisa membaca ulasannya secara lengkap dibawah ini!

Mancrang Atau Burung Kapas Tembak, Punya Besetan Rapat!

Rupanya sudah menjadi ciri khusus dari burung kapas tembak atau nama lainnya mancrang, memiliki suara besetan yang rapat.

Bisa dibilang burung ini merupakan jenis unggas kicau yang cukup populer di kalangan para kicau mania. Kapas tembak punya banyak keistimewaan yang jarang ditemukan pada jenis burung lainnya.

Perlu kamu tahu, bahwa kapas tembak masuk kedalam kapasan kelas aves yang masih berkeluarga dengan cucak jenggot. Sebagian orang juga menyebut burung ini dengan nama merbah belukar yang memiliki nama latin pycnonotus plumosus blyth.

Ada juga yang menyebut burung satu ini dengan nama mancrang, merupakan jenis burung dari keluarga pycnonotidae. Atau kerap juga disebut dengan julukan olive winged bulbul.

Burung Kapas Tembak

Burung Kapas Tembak Punya Banyak Keistimewaan

Merbah belukar atau burung kapas tembak juga punya banyak keistimewaan termasuk warna sayap yang menarik. Burung ini banyak dicari dan diidolakan oleh para pecinta kicau untuk dijadikan sebagai burung rawatan di rumah.

Beberapa ciri dan keistimewaan lain pada burung mancrang atau kapas tembak, seperti:

1. Berukuran sedang dengan panjang tubuh dari paruh hingga ekor sekitar 19 sampai 20 cm.
2. Burung ini juga memiliki berat badan sekitar 24 hingga 36 gram.
3. Bulu bagian atas kapas tembak didominasi warna kelabu kehitaman.
4. Bagian sayap dan punggungnya dihiasi oleh warna hijau zaitun.
5. Sementara tenggorokan dan dagu dilengkapi warna putih.
6. Jika dilihat lebih dalam bagian dada burung ini seperti putih keabu-abuan.
7. Bawah perut kapas tembak warna hijau zaitun dan kuning kecoklatan pada bagian pantatnya.
8. Lengkap juga dengan warna merah tua pada iris, lalu kaki coklat, dan paruh hitam.

Untuk keistimewaan dari kapas tembak atau merbah belukar ini bisa dilihat dari kicauannya. Dimana burung ini kerap mengeluarkan suara kicau seperti besetan yang cukup rapat.

Jika didengar lebih dalam, kicau burung ini seperti besetan kasar mengkristal apabila ditaruh ditempat yang tertutup.

Jika burung ini dalam kondisi yang prima, maka kapas tembak mampu berkicau dengan suara nyaring serta rapat. Menariknya lagi, kapas tembak bisa berkicau dalam waktu cukup lama, sehingga sering dilombakan oleh pecinta kicau.

Habitat & Penyebaran Burung Kapas Tembak Di Dunia

Habitat burung kapas tembak di alam liar, bisa ditemukan pada pinggir hutan, perkebunan, lahan pepohonan. Dimana burung ini juga kerap dijumpai dalam hutan rendah dan terbang dengan ketinggian sekitar 800 mdpl.

Kebiasaan burung ini di alam liar, adalah mencari makan pada hutan lebat dan bagian tengah hutan. Pada permukaan tanah, kapas tembak juga kerap mencari makan berbagai serangga kecil, ulat, dan juga buah-buahan.

Sementara jika dilihat dari penyebarannya, kapas tembak kemudian dikelompokkan menjadi lima jenis sub spesies. Dari kelima sub spesies tersebut, tiga jenis yang bisa kita jumpai di wilayah Indonesia.

Apa saja jenisnya, lihat dibawah ini!

• P.p. hutzi atau stresemann, 1938

Kapas tembak jenis ini, banyak dijumpai penyebarannya di wilayah negara Indonesia, khususnya di Kalimantan bagian timur dan utara.

• P.p. cinerefrons atau tweeddale, 1878

Adalah spesies kapas tembak yang banyak terdapat pada wilayah penyebaran Filipina bagian barat, seperti Busuanga, Palawan, dan Culion.

• P.p. lumosus atau plumosus blyth, 1845

Memiliki penyebaran di wilayah Indonesia dan sekitarnya, seperti wilayah selatan wilayah timur Sumatra Selatan, dan bagian timur seperti Bangka dan sekitarnya, ada juga di Jawa seperti Bawean, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat seperti pulau Anamba. Burung kapas tembak jenis ini juga banyak dijumpai di Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaysia, dan Singapura.

• P.p. porphyreus atau oberholser, 1912

Sub spesies kapas tembak satu ini juga banyak dijumpai di Indonesia khususnya pada wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya, juga pada wilayah Pagai sampai Mentawai.

• P.p. insularis atau chasen & kloss, 1929

Burung kapas tembak ini, juga ada banyak penyebarannya di Kalimantan bagian utara dan Filipina barat daya atau masuk dalam kesultanan Sulu.

Kapas tembak memasuki waktu kawin atau reproduksi dari Januari sampai September. Dimana burung ini kerap membuat sarang yang tersembunyi. Sarang kapas tembak umumnya dibuat dari rumput dan ranting pohon yang halus kemudian membentuk seperti cawan.

Sementara burung ini kerap bertelur sebanyak dua butir dengan warna merah jambu berbintik-bintik.

Klasifikasi Ilmiah & Harga Jual Burung Kapas Tembak

Setelah kamu mengetahui habitat dan wilayah penyebaran dari burung kapas tembak. Selanjutnya kamu juga bisa mempelajari klasifikasi ilmiahnya. Tujuannya, agar kamu mengenal lebih dalam tentang burung kicau satu ini.

Kapas tembak atau merbah belukar diketahui berasal dari kerajaan animalia dan filum chordata. Burung ini memiliki kelas aves dari ordo passeriformes, termasuk keluarga pycnonotidae dan genus pycnonotus. Kapas tembak juga memiliki nama latin yakni pycnonotus plumosus.

Sementara harga jual dari burung satu ini masih menduduki kelas menengah, yakni berkisar pada nilai 500 sampai 600 ribu per ekor jantan yang sudah dewasa.

Berbeda jika kamu ingin membeli kapas tembak yang masih muda atau bakalan. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga standart dari 300 sampai 400 ribu.

Tetapi harga diatas bisa saja berubah tergantung kesepakatan antara penjual dan pembelinya. Bahkan, burung ini bisa lebih mahal ketika sudah mampu berkicau dengan baik dan dalam durasi yang lama.

Perbedaan Burung Kapas Tembak Jantan Dan Betina

Banyak pemula yang masih bingung untuk membedakan burung kapas tembak jantan dan betina.
Namun sebenarnya tidak terlalu sulit jika kamu sudah memahami ciri-ciri khusus pada burung satu ini. Agar lebih jelas, kamu lihat penjelasannya berikut:

Kapas tembak jantan:

1. Memiliki suara bervariasi dengan isian merdu.
2. Kapas tembak jantan memiliki badan lebih besar dan proporsional.
3. Kelamin jantan kerap menonjolkan sifat bertarungnya.
4. Saat bertarung kapas tembak jantan jarang membuka ekor.

Kapas tembak betina:

1. Mengeluarkan suara monoton tembakan kasar, keras, dan tajam.
2. Proporsi tubuh betina tidak simetris, lebih kecil dan juga terlihat gemuk.
3. Saat diadu sayapnya akan menggelepar.
4. Pada waktu bertarung, betina sering membuka ekor lebar.

Hal lain yang menarik dari kapas tembak atau merbah belukar ini adalah kicauan betina lebih keras dari jantannya. Sehingga banyak kicau mania yang lebih memilih untuk merawat jenis betina sebagai burung lomba atau untuk dijadikan masteran.

Bisa dibilang, burung kapas tembak kelamin betina lebih mendominasi pada saat dilombakan dengan burung lain. Sehingga tidak heran, jika kelamin betina lebih laku keras dipasaran dan memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Related Posts
Burung Cucak Cungkok
Burung Cucak Cungkok

Populer dan cerdas! Merupakan salah satu karakter dari burung cucak cungkok atau yang bernama ilmiah chloropsis hardwickii. Tentu saja unggas Read more

Jenis Kacer
Jenis Kacer

Hallo sobat kicau? Sebagai pecinta burung kicau khususnya jenis kacer atau kucica kampung, kamu harus tau berbagai jenis kacer yang Read more