Perawatan Lovebird

Susah-susah gampang! Melakukan perawatan lovebird sebenarnya tidak sulit dan relatif mudah dilakukan. Namun, bagi para pemula yang belum memahaminya, memang hal ini sedikit rumit dan memakan waktu.

Tidak dipungkiri, kicau lovers memang harus meluangkan waktu khusus untuk memberikan perawatan pada burung lovebird peliharaannya.

Tujuannya, agar burung lovebird yang dipelihara mendapatkan asupan gizi dan protein serta kesehatan yang prima. Dengan demikian, bukan mustahil burung lovebird kamu bisa mendapatkan juara pada setiap lomba.

Pasti Ngekek Bosku! Ini Cara Perawatan Lovebird Yang Tepat!

Mau burung lovebird milik kamu ngekek panjang dalam durasi yang lama? Caranya mudah, kamu hanya perlu melakukan perawatan lovebird secara intensif.

Perawatan Lovebird

Gak tau caranya?

Coba kamu baca sampai selesai penjelasannya secara lengkap berikut!

• Pilih Lovebird Jantan Dan Sehat

Bagi para pemula, untuk mendapatkan burung lovebird biasanya mendapatkan dari penjual kios terdekat. Atau bisa juga dari peternak yang ada disekitar tempat tinggal.

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin memiliki lovebird bakalan yang juara adalah memilih kelamin jantan. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa burung yang kamu pilih tersebut bertubuh sehat dan aktif bergerak.

• Pilih Sangkar Luas

Perawatan lovebird berikutnya, kamu juga harus sudah menyiapkan kandang atau sangkar burung yang cukup luas untuk digunakan. Tujuannya, agar burung lovebird yang dipelihara bisa bergerak secara bebas dalam kandang, dan bulunya tidak rusak karena kandang kecil.

Setidaknya kamu bisa memilih kandang yang berukuran 45 x 45 cm. Agar burung lovebird yang kamu miliki bisa bergerak secara bebas. Jangan lupa dalam kandang tersebut kamu taruh tempat bertengger yang pas, lalu cup makan dan minum yang terjaga kebersihannya.

• Taruh Mainan Dalam Kandang

Seperti yang kamu tahu, bahwa burung lovebird merupakan jenis paruh bengkok yang cerdas dan sangat aktif. Burung satu ini masuk ke daftar unggas pintar yang senang bermain dalam kandangnya sendiri.

Untuk menyalurkan kesenangan dari burung ini, kamu harus meletakkan mainan di dalamnya supaya burung terus aktif. Perhatikan juga mainan yang kamu letakkan, jangan sampai membahayakan burung tersebut, seperti benda tajam atau runcing.

Sebaiknya kamu memilih mainan yang aman, misalnya bola ukuran sedang, atau botol plastik berukuran sedang.

• Perawatan Lovebird Makanan Dan Camilan Sehat

Memberikan makanan dan camilan yang sehat pada burung lovebird kamu juga hal yang baik.
Kamu harus memastikan bahwa burung lovebird yang kamu miliki mendapatkan asupan gizi dan protein yang terbaik. Lebih dari itu, hal ini sangat penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan burung yang kamu pelihara tersebut.

Untuk pakan yang sehat, kamu bisa memberikan suplemen seperti kalsium, natrium, dan klorida yang mengandung vitamin dan mineral. Millet, merupakan pakan yang sangat cocok untuk burung lovebird, atau biji-bijian lain seperti jagung.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menambah ekstra food seperti sayuran, buah, camilan sehat, dan air bersih. Buah seperti pepaya, apel, anggur, mangga, dan beri. Kamu juga bisa menambahkan camilan seperti multigrain bread, brown rice, dan whole grain pasta.

Sebagai pelengkap, beri juga asupan asupan suplemen tambahan yang mengandung beberapa nutrisi.

• Rajin Dimandikan Supaya Fresh

Sebagai salah satu unggas yang tergolong aktif, burung lovebird juga perlu dimandikan setiap hari. Tujuannya, agar burung satu ini selalu segar dan bulu di tubuhnya senantiasa bersih.

Namun, kamu harus menjadwalkan waktu memandikan burung ini secara konsisten. Misalnya memandikan burung 2 hari sekali pada waktu pagi dan sore.

Caranya mudah, kamu bisa membasahi tubuh burung menggunakan alat semprot. Atau meletakkan tempat mandi dalam kandang, agar lovebird bisa mandi sendiri.

Kamu juga harus memberikan tempat untuk menghangatkan tubuh dari lovebird setelah dimandikan. Supaya burung kamu tetap merasa nyaman dan mau berkicau setiap saat.

Supaya Cepat Gacor, Lakukan Perawatan Lovebird Seperti Ini!

Selain beberapa metode perawatan lovebird seperti diatas. Kamu juga bisa melakukan perawatan lanjutan agar burung cepat gacor.

Agar tidak penasaran, baca penjelasannya berikut!

1. Gantungan Kandang Pas

Untuk melakukan perawatan lovebird yang intensif, kamu juga harus memperhatikan tempat menggantungkan kandangnya.

Hal ini berkaitan dengan posisi gantungan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Tempat menggantungkan kandang burung kamu mesti jauh dari jangkauan anak-anak, binatang buas seperti kucing, tikus, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga harus meletakkan kandang pada tempat yang aman, semacam ruangan khusus yang tak terkena matahari langsung namun tetap mendapatkan cahaya cukup, jauh dari asap, dan juga angin.

2. Kandang Harus Bersih

Kandang lovebird harus bersih, kenapa harus begitu?

Hal ini perlu kamu perhatikan, bahwa kebersihan dari kandang juga menjadi hal penting. Kamu bisa melakukannya secara mudah dan rutin. Ini akan menjadi sesuatu yang akan menjadikan burung kamu tetap sehat dan terus aktif.

Kotoran burung yang ada dalam kandang memang harus senantiasa dibersihkan minimal 3 hari sekali. Tujuannya, agar menghindari kuman, bakteri mematikan, dan supaya burung tidak memakan kotorannya sendiri.

3. Perawatan Lovebird Latih Diluar Kandang

Perawatan lovebird selanjutnya, kamu juga bisa melakukan latihan diluar kandang agar burung semakin jinak.

Ini akan mempengaruhi mental dari burung lovebird yang kamu rawat, agar selalu mendapatkan pendekatan dari pemilik. Sesuai dengan namanya, burung ini memang harus dipelihara dengan penuh cinta.

Kamu bisa mengajak lovebird bermain di luar kandang. Ini juga perlu dilakukan untuk menghindari stres dan kebosanan. Durasi yang dibutuhkan untuk perawatan ini setidaknya selama kurang lebih 30 menit sehari.

Tujuannya, agar burung lovebird kamu bisa dengan mudah bersosialisasi dengan lingkungan.

4. Berikan Pasangan

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa burung ini sesuai dengan namanya.
Jadi, sebagai pemilik harus merawatnya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Caranya mudah, selain memberikan perawatan hariannya, kamu bisa memberikan pasangannya.

Hal ini sangat dibutuhkan agar burung tidak stress karena birahi yang tidak tersalurkan.
Apabila kamu tidak bisa memberikannya pasangan dalam kandang, maka kamu mesti rutin melakukan interaksi pada burung lovebird. Caranya mudah, kamu bisa membelai burung atau memancingnya agar mau bermain dalam kandang.

5. Cek Kesehatan Secara Rutin

Walaupun kamu sudah melakukan perawatan pada burung lovebird yang dipelihara secara intensif. Namun, masih saja ada kemungkinan burung kamu terserang virus penyakit.
Hal ini bisa kamu hindari dengan secara rutin memeriksa kesehatan dari burung yang dipelihara.

Kamu bisa memperhatikannya mulai dari gerakan yang aktif, kicau yang rutin, dan lain-lain. Jika burung kamu terlihat lemas, malas berkicau, atau cenderung berdiam diri, maka bisa dipastikan ada masalah pada kesehatan burung tersebut.

6. Proses Pemasteran Rutin

Jangan lupa kamu harus senantiasa melakukan pemasteran pada burung lovebird yang kamu miliki. Hal ini akan membuat burung kamu semakin sehat dan mampu mengeluarkan kicauan sesuai pemasterannya.

Tentu saja aktivitas pemasteran ini akan berguna untuk burung lovebird saat akan dibawa berlomba dan menjadi juara.

baca juga artikel terkait seputar : penyakit lovebird

“Note”

Upayakan burung lovebird tidak selalu birahi karena tidak ada pasangan. Hal ini akan mempengaruhi mental burung dan bisa mengakibatkan burung stress. Sebaiknya berikan pasangan dalam kandang, dan tempat yang aman.

Setelah kamu menyimak ulasan mengenai perawatan lovebird dalam artikel kali ini. Kamu juga bisa mengikuti informasi lainnya seputar perawatan burung kicau. Untuk itu, pantengin terus website ini agar wawasan kamu semakin bertambah. Sampai jumpa di artikel berikutnya! – by : nusantarakicau.com

Related Posts
Penyakit Murai Batu
Penyakit Murai Batu

Hati-hati! Penyakit murai batu bisa mematikan burung kesayangan kamu jika dibiarkan! Untuk itu, kenali gejalanya, lakukan pencegahan, dan ketahui cara Read more

Cara Merawat Burung Kacer
Cara Merawat Burung Kacer

Cepat gacor! Begini cara merawat burung kacer yang bisa kamu lakukan agar stamina burung tetap terjaga dan mental kuat berbunyi Read more