Makanan Burung Kacer

nusantarakicau.com – Jangan sampai obesitas! Ini beberapa makanan burung kacer yang sehat dan bagus untuk dijadikan asupan gizi dan protein. Sedikitnya ada 4 macam atau lebih jenis makanan yang berkualitas untuk burung kacer juara.

Perlu kamu tahu, bahwa pakan yang bagus akan sangat menentukan burung kacer milik kamu juara atau tidak. Hal ini tentu saja akan meliputi kesehatan dan volume suara burung yang lantang sekaligus kencang.

Selain kamu harus memberikan makanan utamanya, kamu juga bisa menambahkan EF pada kacer seperti buah dan sayur.

Apa saja jenisnya? Simak ulasannya sampai akhir!

Jangan Sembarangan! Ini Dia Jenis Makanan Burung Kacer Yang Sehat!

Ada beberapa rekomendasi makanan burung kacer yang bisa kamu jadikan sebagai referensi selama perawatan harian. Tentu saja semua makanan yang diberikan harus steril dan pastinya sehat. Termasuk buah yang masih segar dan kelompok sayuran yang fresh.

Tujuannya adalah, agar burung kacer kamu mendapatkan asupan gizi dan protein yang bagus.
Dengan demikian, kamu bisa memastikan apakah kacer kamu sudah layak ikut lomba atau tidak. Selain itu, pakan yang pas juga akan mempertahankan kesehatan burung supaya tetap prima dan rajin berbunyi.

Makanan Burung Kacer

Beberapa makanan yang bagus untuk kacer, antara lain:

1. Makanan Burung Kacer Kroto

Sudah tahu apa itu kroto? Kroto merupakan telur semut rangrang yang memiliki kandungan protein tinggi.

Memberikan tambahan pakan satu ini bisa membantu pemenuhan nutrisi burung kacer dan meningkatkan performa kicau burung. Tetapi memberi kroto tidak perlu setiap hari, cukup berikan 2 kali seminggu agar burung kacer terlalu gemuk.

2. Asupan Buah Segar

Tidak hanya sayur dan kroto saja, kamu juga bisa menambahkan asupan lainnya seperti buah-buahan segar. Tetapi tidak semua jenis buah-buahan bisa kamu berikan sebagai EF dari burung kacer, beberapa diantaranya seperti:

• Apel.
• Jeruk.
• Pepaya.
• Pisang.
• Timun.

Efek dari memberikan asupan buah yang cukup, akan membantu sistem pencernaan burung kacer agar lebih lancar dan baik.

Supaya burung kamu lebih mudah memakan buah yang diberikan, maka kamu harus memotongnya kecil-kecil sesuai porsinya.

3. Makanan Burung Kacer Cacing Tanah

Burung kacer atau kucica kampung, merupakan salah satu burung yang juga sering melompat-lompat di tanah untuk mencari makan. Makanan yang bisa ditemukan oleh burung kacer saat di tanah diantaranya adalah cacing tanah dan serangga lainnya.

Untuk itu, kamu juga bisa menambahkan makanan ekstra seperti cacing tanah ke dalam kandang kacer kamu. Sama halnya saat kamu memberikan tambahan protein yang berasal dari ulat hongkong.

Jika memberikan cacing tanah kepada burung kacer, maka peliharaan kamu akan mendapatkan asupan gizi yang cukup.

4. Protein Serangga

Seperti yang dijelaskan tadi, burung ini sering melompat di tanah untuk mendapatkan makanan burung kacer. Jadi, kamu bisa memberikan makanan sesuai kebiasaannya saat berada di alam liar.

Dimana kamu bisa menambahkan beberapa jenis serangga yang aman, seperti:

• Jangkrik.
• Belalang.
• Kelabang.
• Semut.

Makanan tambahan semacam ini bisa kamu berikan dalam waktu teratur misalnya 2 hari sekali. Tetapi harus kamu perhatikan, agar serangga sudah dibersihkan kepala serta kakinya. Tujuannya, agar tidak merusak suara burung akibat tersangkut kaki dan kepala yang bisa menyebabkan serak suara.

5. Ikan Segar

Makanan yang baik untuk burung kacer kamu selanjutnya adalah ikan segar dalam porsi yang cukup.

Burung bisa mendapatkan protein dan nutrisi yang bagus jika memakan ikan. Tetapi harus diperhatikan, bahwa memberikan daging ikan akan lebih bagus jika sudah dibersihkan dari duri atau tulangnya.

6. Tambahkan Ulat Hongkong

Selain voer, kamu bisa menambahkan EF seperti ulat hongkong agar kacer milik kamu bisa mendapatkan protein yang cukup. Dimana ulat hongkong sendiri masuk sebagai salah satu makanan tambahan yang cukup banyak disediakan oleh kios penjual burung.

Seperti halnya jangkrik atau serangga lain, ulat hongkong cukup bagus untuk meningkatkan stamina dari burung kacer agar tetap prima.

Pemberian ulat hongkong pada kacer juga tidak boleh berlebihan. Kamu bisa mengatur penambahan makanan ekstra ini pada pagi hari sebanyak 10 ekor, dan juga sore hari sebanyak 10 ekor.

Lakukan penambahan ulat hongkong ini dalam waktu yang terjadwal misalnya 2 hari sekali. Kemudian, bisa diselingi oleh makanan tambahan lainnya.

“Note”

Hindari memberikan makanan tambahan pada kacer jenis serangga (Jangkrik, Semut, Belalang, dan kelabang) dari tangan langsung. Ini bisa menyebabkan burung terlalu jinak, dan sering mengalami nangkur saat dilombakan.

Tips Perawatan Kacer Sebelum Ikut Lomba

Nah, selain penjelasan mengenai berbagai jenis makanan burung kacer yang sehat dan bernutrisi. Kamu juga bisa mempelajari beberapa hal untuk melakukan perawatan pada kacer sebelum ikut lomba.

Caranya mudah, kamu perhatikan saja penjelasannya, dibawah ini:

• Berikan Ekstra Food

Sebelum mengikuti perlombaan kacer yang ada disekitar tempat tinggal kamu. Sebaiknya, kamu secara rutin memberikan makanan ekstra.

Hal ini akan bagus untuk stamina dan mental burung agar tetap terjaga. Berikan EF berupa jangkrik dengan porsi 5 ekor pagi hari, serta 5 ekor saat sore.

• Mandi Sendiri

Sebagai burung yang memiliki habitat di alm liar dan hutan, burung kucica kampung atau kacer juga sangat sering mandi.

Dimana burung ini kerap berada di pinggir kali atau sungai untuk memenuhi kebutuhan mandinya.

Nah, kamu juga bisa melatih burung ini untuk melakukan aktivitas mandi sendiri pada kandang atau apiari yang sesuai.

• Jemur Kacer

Selain membiasakan burung untuk melakukan mandi sendiri pada apiari atau keramba yang disediakan. Kamu juga perlu melakukan penjemuran pada burung dibawah sinar matahari dengan waktu yang cukup.

Tetapi kamu tidak bisa menjemur burung ini pada terik yang terlalu panas, karena bisa mengakibatkan burung drop. Kamu bisa menjemur burung ini pada jam 7 pagi sampai jam 11 siang.

Setelah dijemur, silahkan kamu berikan jangkrik kurang lebih 10 ekor dan di angin anginkan sebentar. Kemudian krodong hingga sore hari. Setelah itu, pada sore hari kamu buka krodong lalu anginkan dan beri jangkrik 3 ekor sesudah selesai makan kemudian krodong lagi.

• Latihan Gantangan

Jika beberapa perawatan seperti diatas sudah kamu lakukan, maka selanjutnya kamu bisa mempersiapkan latihan gantangan.

Caranya, kamu bisa membawa burung ke rumah teman atau kamu menyandingkan burung kacer satu dengan lainnya yang dimiliki di rumah. Ini akan bagus untuk melatih mental serta volume kicau dari burung kacer, agar terbiasa saat dibawa untuk lomba.

Lakukan uji coba trek bersama dengan burung kacer lain menggunakan metode latber minimal 1 minggu sekali.

Nanti kamu akan mengetahui apakan setelan sudah berhasil atau tidak.

Kemudian saat akan ikut lomba, kamu perlu memberikan makanan tambahan sebelum acara perlombaan dimulai, antara 30 menit sebelum bertanding. Cukup kamu berikan 2 saja, dan lihat bagaimana performa selanjutnya.

Jadi, selain memberikan makanan burung kacer yang mengandung nutrisi serta gizi yang baik. Kamu juga harus sering melakukan persiapan sebelum burung kacer ikut lomba atau gantangan. Dengan demikian, burung kamu bisa menjadi juara dan mendapatkan harga jual yang tinggi. Semoga bermanfaat!

Related Posts
Penyakit Lovebird
Penyakit Lovebird

Hati-hati penyakit lovebird! Karena bisa jadi burung lovebird peliharaan kamu terserang penyakit yang belum kamu pahami cara mengatasinya. Sedikitnya ada Read more

Cara Merawat Burung Kacer
Cara Merawat Burung Kacer

Cepat gacor! Begini cara merawat burung kacer yang bisa kamu lakukan agar stamina burung tetap terjaga dan mental kuat berbunyi Read more