Perawatan Kacer Mabung

Salam kicau mania? Terkait dengan bagaimana metode perawatan kacer mabung, kamu bisa menyimaknya secara lengkap dalam artikel ini.

Seperti yang kamu tahu, bahwa kacer merupakan salah satu burung berkelas dan masuk kedalam keluarga murai. Sehingga, burung satu ini juga tak kalah diminati oleh para kicau mania. Namun, untuk merawatnya juga tidak mudah, karena memang pemilik tidak bisa sembarangan.

Terlebih lagi saat kacer kamu sedang mabung atau rontok bulu. Kamu harus memberikan perawatan tepat dan intensif agar burung kembali gacor dan sehat.

Bagaimana caranya? Baca sampai selesai!

Perawatan Kacer Mabung

Jangan Salah Lihat, Perhatikan Ciri-Ciri Kacer Mengalami Mabung!

Pada umumnya, sebelum memasuki fase mabung atau rontok bulu secara menyeluruh. Burung kacer akan memperlihatkan aktivitas yang bisa kamu jadikan patokan atau ciri-ciri kacer akan mabung.

Hal ini meliputi pergerakan kacer yang menjadi kurang aktif atau malas gerak dalam sangkarnya.

Untuk bisa lebih memahaminya, coba kamu perhatikan beberapa ciri-ciri berikut:

• Kacer diam dan malas bergerak.

• Sering mencabuti bulu.

• Terlihat gelisah saat didekati.

• Sehari sebelum mabung, berkicau ngotot dan gacor.

• Bulu terlihat kusam, tidak rapi, dan amburadul.

• Tak mau berkicau atau macet bunyi.

• Tampak tak bergairah.

• Bulu kecil mulai berjatuhan.

• Bulu terus berjatuhan setiap hari.

• Mata tampak sayu.

• Kandang kotor dan dipenuhi dengan bulu.

Nah, apabila kamu melihat ciri-ciri seperti diatas, maka bisa dipastikan kacer kamu akan memasuki fase mabung.

Untuk itu, kamu harus bisa melakukan perawatan kacer mabung, agar cepat selesai dan burung kembali gacor seperti semula.

Perawatan Kacer Mabung – Pelajari Cara Lengkapnya Seperti Dibawah Ini!

Seperti yang sudah disampaikan tadi, ada beberapa metode perawatan kacer mabung.

Tujuannya, agar kamu tidak salah melakukan perawatan seperti saat burung belum mengalami mabung atau rontok bulu. Justru, kamu harus bisa merawatnya secara hati-hati agar burung tetap prima dan menyelesaikan mabung dalam waktu cepat.

• Berikan Makanan Nutrisi Tinggi

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat burung kacer mabung adalah memberikan makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Tujuannya, agar burung tetap sehat selama mabung, dan cepat selesai merontokan bulunya.

• Jaga Kebersihan Kandang

Kamu juga harus senantiasa menjaga kebersihan kandang kacer tersebut. Hal ini harus kamu jadwalkan secara rutin, misalnya 2 atau 3 hari sekali. Agar burung tidak terinfeksi kuman akibat kandang yang kotor.

• Rutin Ganti Pakan Dan Minum

Perhatikan juga pakan dan minum dalam kandang, yang memang harus kamu ganti secara rutin. Hal ini untuk menghindari burung memakan bulunya sendiri dalam cup makanan atau minum yang ada. Jadi, kamu memang harus memperhatikan dan menggantinya minimal 1 kali dalam 2 hari.

• Beri Pakan Tambahan

Selanjutnya, selama perawatan kacer mabung kamu juga bisa menambahkan makanan ekstra bagi kacer sebelum mengalami mabung. Kamu bisa menambahkan ekstra food seperti ulat hongkong, kroto, dan jangkrik. Tujuannya, agar tubuh burung tetap prima karena mendapatkan banyak nutrisi.

• Kerodong Kandang

Ingat! Selama burung kacer kamu mengalami mabung, maka kamu harus melakukan pengerodongan pada kandang. Hal ini wajib dilakukan agar lingkungan sekitar kandang tetap bersih dan bulu tidak bertaburan.

• Pastikan Air Tetap Penuh

Selama burung kacer kamu mabung, kamu juga harus memastikan bahwa cup air minum dalam kandang selalu penuh. Karena selama mabung, pada umumnya burung akan lebih banyak minum air dari pada makan.

• Jangan Dimandikan Selama Mabung

Sebelum proses mabung selesai, kamu jangan sekali-kali memandikan burung. Hal ini bisa mengakibatkan burung mengalami kedinginan karena tidak adanya bulu pada tubuhnya.

• Taruh Di Tempat Sunyi

Agar burung tidak stress selama mabung berlangsung, maka kamu harus menaruh kandangnya pada tempat yang tenang. Hal ini untuk menghindari suara yang berisik dan membuat burung semakin gelisah.

• Putar Masteran

Hal penting lainnya yang juga harus kamu lakukan selama perawatan kacer mabung adalah memutar masteran. Tujuannya, untuk mengisi variasi suara pada burung dan menjaga stamina karena burung beraktifitas seperti biasa.

Jika beberapa cara perawatan kacer mabung diatas kamu ikuti secara benar, maka bisa dipastikan burung akan cepat selesai mabung dan kembali fresh seperti semula.

Kapan Waktu Burung Kacer Mabung?

Untuk jenis burung kacer, masa mabung awal akan terjadi saat masih piyik sampai usia 3 bulan. Fase ini adalah proses ganti bulu dari piyik ke anakan atau trotol. Kemudian kacer akan kembali mabung saat mencapai usia 6 bulan. Ini disebut mabung pertama saat sudah dewasa.

Setelah mabung pertama, kacer mengalami masa normal usia 6-8 bulan. Usia seperti ini burung bisa diikutkan lomba. Proses normal tak berlangsung lama karena akan mabung kedua saat berusia 12-15 bulan.

Jika kacer sudah melewati mabung kedua, maka burung biasanya akan menjadi juara. Lalu, masa setelah mabung kedua berlangsung lama. Karena mabung yang ketiga akan terjadi saat usia 2-3 tahun setelah mabung kedua.

Apakah Burung Kacer Mabung Akan Memakan Waktu Lama?

Proses mabung kacer ada tiga tahap, yakni jatuh bulu, tumbuh bulu, dan pengembalian stamina. Ini akan memakan waktu sampai 1 tahun. Saat kacer selesai mabung bulan ke 1. Kaka semua bulu sudah kencang dan kacer sangat fit.

Kacer akan mabung lagi pada bulan ke 7 atau 8. Sudah bulan ke 8 atau 9, bulu rontok sampai ambrol semua. Sedangkan bulu baru mulai tumbuh sekitar 50 persen. Kemudian bulan ke 10 atau 11, bulu baru sudah tumbuh semua.

Pada bulan ke 12, bulu sudah mengencang dan fisik sudah fit. Ini memasuki kondisi paling maksimal. Setelah itu pada tahun berikutnya bulan ke 13, kacer dalam kondisi top perform dan siap dilombakan.

Selama Perawatan Kacer Mabung Apakah Boleh Diberi Kroto?

Perlu kamu tahu, bahwa selama masa perawatan kacer mabung atau rontok bulu, burung kacer perlu diberikan nutrisi lengkap. Tujuannya adalah, agar tubuh burung tetap sehat dan prima selama menyelesaikan proses mabungnya.

Memberikan makanan tambahan yang mengandung nutrisi merupakan langkah bagus agar burung tetap sehat.

Khususnya makanan bernutrisi seperti kroto, kamu bisa menambahkannya untuk mendapatkan peningkatan hormon khusus pada burung kicau.

Hal ini akan memberikan manfaat yang bagus dan membantu proses penyelesaian mabung pada kacer yang kamu rawat.

Apa Saja Makanan Terbaik Untuk Kacer Mabung?

Sebagai pecinta burung khususnya kacer, kamu juga harus memperhatikan pemberian makanan selama proses perawatan kacer mabung.

Makanan yang cukup juga menjadi hal penting yang harus kamu berikan selama proses mabung tersebut. Namun, jangan sembarangan memberikan makanan yang bisa mengakibatkan burung jadi tambah gemuk dan malas berbunyi.

Artinya, kamu harus memperhatikan pemberian makanan bahkan menjadwalkannya.

Nah, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu berikan selama mabung, seperti:

1. Buah-buahan.
2. Serangga.
3. Sayuran.
4. Ikan.
5. Kroto.
6. Cacing.
7. Voer.
8. Dan ulat hongkong.

Kami yakin setelah kamu menyimak penjelasan dalam artikel ini mengenai metode perawatan kacer mabung. Kamu akan semakin paham bagaimana melakukan perawatan yang tepat dan berguna. Jangan lupa,

bagikan juga artikel ini kepada teman lain yang satu hobi dengan kamu agar wawasan semakin bertambah. Semoga bermanfaat dan berguna!. By : nusantarakicau.com

Related Posts
Cara Merawat Murai Batu
Cara Merawat Murai Batu

Ini dia rahasianya! Bagaimana cara merawat murai batu supaya gacor dor di rumah bahkan di gantangan. Ini menjadi satu rahasia tersendiri Read more

Panduan Lengkap Makanan Burung Cendet untuk Kesehatan dan Performa Terbaik
Makanan Burung Cendet

Dalam artikel ini, Nusantara Kicau akan membahas secara detail mengenai makanan yang cocok untuk burung cendet, serta tips untuk memaksimalkan Read more