Harga Murai Batu

Sudah tau harga murai batu terkini? Artikel kali ini akan mendeskripsikan daftar tarif burung murai batu dari yang paling rendah hingga yang paling mahal di pasaran.

Sehingga bisa kamu jadikan sebagai barometer untuk membeli dan memberikan penawaran yang sesuai kepada penjualnya. Seperti yang kamu tahu, murai batu trotolan saja bisa mencapai harga ratusan ribu. Apalagi yang sudah mandiri atau mulai ngeplong, bisa jadi harganya menyentuh angka jutaan rupiah.

Nah, untuk informasi lengkapnya, silahkan kamu ikuti artikel ini sampai selesai!

Bukan Kaleng-Kaleng Bosku – Segini Harga Murai Batu 2024!

Bagi para pecinta burung kicau, murai batu masuk dalam kelas satu dan banyak dicari. Namun, hingga saat ini, para pemula masih banyak yang belum mengetahui secara rinci berapa kisaran harga murai batu.

Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi pecinta kicau pemula untuk mengukur bajet yang akan digelontorkan.

Karena, terkadang peternak murai batu dan penjual kios menetapkan harga yang berbeda.
Supaya kamu tidak bingung, dan mengetahui patokan harga burung murai batu terkini. Maka kamu baca ulasannya secara lengkap berikut ini!

Harga Murai Batu

1. Harga Murai Batu Medan

Perlu kamu tahu, jika jenis burung murai batu Medan, memang masih menduduki kelas yang paling mahal. Bisa dikatakan burung jenis ini memiliki keunggulan khas dengan mental yang berani.

Namun, hal ini juga tidak luput dari metode perawatan yang dilakukan oleh peternak burung itu sendiri.

Meliputi kesehatan burung, performa, kicauan keras, dan lain sebagainya. Karena pada umumnya murai batu Medan dihargai dengan pasaran trotol adalah Rp 700.000. Sedangkan harga murai batu yang sudah mandiri, bisa mencapai angka 1,5 juta rupiah.

Berbeda dengan murai batu Medan yang sudah dewasa dan ngeplong, kamu bisa mendapatkannya dengan pasaran 1,8 sampai 2 juta rupiah.

Tentu saja ini merupakan perkiraan harga yang belum pasti, dan masih tergantung dengan negosiasi antara penjual dan pembeli.

Kamu bisa melihat kondisi dari burung yang akan dibeli terlebih dahulu, dengan mencari info trah burung, dan metode perawatan yang dilakukan. Setelah itu, kamu bisa memberikan penawaran terbaik kepada penjual burung murai batu Medan.

2. Burung Murai Batu Papua

Tidak hanya jenis murai batu Medan, kamu juga bisa membeli murai batu Papua yang juga tak kalah saing dengan jenis lain.

Kamu bisa menemukan jenis burung ini pada kios terdekat atau bahkan pada peternak disekitar kamu.

Dapat dikatakan juga jenis murai batu Papua termasuk yang memiliki kelas mahal dan bergengsi. Karena sudah banyak pecinta kicau yang memenangkan gantangan dengan mengadu burung satu ini.

Sehingga harganya dipasaran bisa menembus angka sekitar 2 juta rupiah atau bahkan lebih untuk usia yang sudah dewasa.

Sementara untuk harga murai batu Papua yang masih trotolan, pada umumnya akan dijual dengan harga 700 ribuan atau bisa jadi dibawah itu.

3. Harga Pasaran Murai Batu Aceh

Sudah pernah lihat jenis murai batu Aceh? Burung jenis ini juga tak kalah mahal dan banyak dicari pecinta kicau.

Ini dikarenakan burung murai batu Aceh memiliki power suara yang melengking dan strong saat berkicau. Selain itu, mental dari burung ini juga berani dan gacor saat di gantangan. Jadi, wajar saja jika ada banyak pecinta kicau mencari jenis murai batu satu ini.

Saat masih trotolan, murai batu Aceh bisa dibeli dengan harga 600 ribuan atau bisa jadi lebih.

Berbeda dengan yang sudah mandiri, burung ini bisa mencapai harga 1 juta. Bahkan untuk usia dewasanya yang sudah ngeplong, kamu bisa membeli burung ini dengan harga berkisar di 2 juta rupiah.

Cara mendapatkannya juga mudah, kamu bisa menemukan burung murai batu jenis ini pada peternakan di lingkungan kamu. Atau bisa juga dari kios burung yang ada disekitar tempat kamu tinggal.

4. Harga Murai Batu Air

Meskipun kurang populer, namun murai batu air banyak juga diminati oleh kalangan pecinta kicau. Hal ini dikarenakan kicauannya yang unik dan dominasi harga yang relatif murah.

Burung ini mampu berkicau dengan merdu dan kuat saat sedang dalam kondisi prima. Bahkan, tak jarang ada pecinta kicau yang merawat dan memeliharanya sebagai burung rumahan atau masteran.

Murai jenis air ini dipasangi harga sekitar 200 sampai 350 ribuan saja.

Kamu bisa menemukannya secara mudah pada kios-kios burung kicau terdekat.

Ingat!

Harga murai batu akan semakin tinggi jika sudah pernah atau berkali-kali menang lomba resmi.

Harga Murai Batu Lainnya Secara Umum Dipasaran

Tidak hanya beberapa jenis yang sudah dijelaskan pada laman atas tadi, kamu juga bisa mengetahui berapa harga murai batu lainnya.

• Tarif Murai Batu Nias

Tak kalah gengsi, harga murai batu Nias juga masih nongkrong di kelas atas. Hal ini tidak luput dari trah dan kemampuan kicau burung itu sendiri.

Apalagi, jenis Nias ini memang dikenal dengan mental berani saat digantangkan waktu lomba. Respon dari burung ini akan terlihat jelas saat kamu membuat kebisingan dengan menepuk tangan atau mengeluarkan suara petekan.

Jika kamu bisa menemukan peternakan burung murai batu Nias, maka kamu bisa dengan mudah mendapatkannya.

Pada umumnya, peternak akan memasang tarif sekitar 500 sampai 600 ribuan untuk yang masih trotolan. Untuk murai batu Nias yang sudah mandiri, kamu bisa mendapatkannya di sekitar harga 800 ribuan. Berbeda dengan yang sudah dewasa dan ngeplong, burung ini dijual dengan pasaran 1,5 juta sampai 2 juta rupiah.

Namun tetap saja, ini masih bisa kamu nego dan mendapatkan harga yang disepakati dengan penjualnya.

• Harga Murai Batu Lampung (Kota Agung)

Untuk kelas murai batu Lampung (Kota Agung), juga masih menduduki harga stabil bahkan cukup mahal.

Dimana burung murai jenis ini memiliki ciri khas dengan ekor yang cukup pendek. Ekor burung ini yaitu berkisar 12 – 18 cm.

Untuk fighter, burung murai Lampung juga dikenal berani sekaligus agresif. Namun, pada umumnya peternak sering menyilangkan dan menjadikan burung satu ini sebagai bibit unggul.
Hal ini dikatakan bisa membuat trah murai batu persilangan akan semakin bagus karena gen burung sudah tercampur.

Namun, untuk harga trotolan dari murai batu Lampung bisa mencapai 500 ribu per ekor. Bahkan ada peternak yang menjual burung ini sepasang trotolan dengan harga 600 ribuan.
Namun, untuk yang sudah dewasa, burung ini bisa menembus angka 1,5 sampai 2 juta rupiah per ekornya.

• Pasaran Murai Batu Borneo

Selain Lampung, harga murai batu Borneo juga bisa kamu perhitungkan saat ingin membelinya. Burung satu ini mampu menirukan suara kicau dari burung lain yang ada disekitarnya sebagai masteran.

Jenis ini memang banyak dicari oleh peternak untuk dijadikan sebagai bibit.
Namun, untuk harga, burung murai batu Borneo tergolong murah hanya di kisaran 600 ribuan saja. Jadi, bagi kamu yang berminat, bisa membeli burung jenis ini dengan patokan harga tersebut.

• Harga Murai Batu Jawa

Tak kalah populer dengan jenis burung murai batu lainnya. Murai batu Jawa juga masih menduduki kelas burung murai yang cukup mahal dan bergengsi.

Dimana kamu bisa dengan mudah membeli burung ini pada kios burung terdekat atau peternak resmi.
Untuk harga burung murai batu Jawa, kamu bisa mendapatkannya di kisaran harga 1,7 juta sampai 2 juta.

Tentu saja harga ini bukan merupakan ketetapan, namun masih bisa berubah sesuai penawaran kamu.

“Note”

Harga diatas bisa berubah sesuai dengan kesepakatan pembeli dan penjual. Harga juga bisa disesuaikan dengan jenis murai batu yang ingin dibeli.

Setelah kamu mengetahui kisaran harga murai batu secara umum. Selanjutnya kamu sudah bisa membelinya dan melakukan perawatan secara intensif agar murai tetap sehat dan gacor setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Related Posts
Harga Burung Kacer
harga burung kacer

Pada artikel kali ini, Nusantara Kicau akan memberikan info seputar harga burung kacer, nah bagi para pencinta kicau mania khususnya Read more

Harga Burung Ciblek
Harga Burung Ciblek

Info paling update! harga burung ciblek yang bisa kamu lihat langsung dari website ini. Dimana admin bakal kasih informasi lengkap Read more