Cara Memilih Lovebird Prospek Untuk Lomba

Bagaimana cara memilih lovebird prospek untuk lomba? Hal ini memang sedikit membingungkan khususnya bagi para pemula pemain lovebird.

Dimana perbedaan antara jantan dan betina jenis burung paruh bengkok satu ini memang sedikit riskan.

Bahkan, tak jarang pemain lovebird pemula yang masih saja salah memilih jenis burung untuk prospek lomba. Akibatnya, pemain sering mengalami kekalahan karena opsi dan bahkan settingannya tidak memberikan efek yang terbaik.

Berikut beberapa cara untuk memilih lovebird prospek yang bagus diikutkan lomba!

Cara Memilih Lovebird Prospek Untuk Lomba

Lihat! Begini Cara Memilih Lovebird Prospek Untuk Lomba

Bagi kamu yang ingin mempelajari bagaimana cara memilih lovebird prospek untuk lomba. Maka dengan menyelesaikan bacaan artikel ini sampai akhir merupakan alternatif terbaik.
Dimana kami akan menjelaskan pada kamu secara lengkap bagaimana metode pemilihan burung lovebird juara secara tepat.

Ini akan menjadi sesuatu hal yang bisa dipelajari oleh para kicau lovers pemula.

1. Bentuk Paruh/ Patok

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan dari bentuk paruh atau patok dari lovebird. Dimana lovebird yang prospek juara memiliki paruh berpangkal lebar, besar, panjang, tebal dan kokoh.

2. Lovebird Berkepala Besar

Selanjutnya, kamu juga bisa memperhatikan bentuk dari kepala burung lovebird yang cenderung lebih besar. Ini juga bisa kamu jadikan sebagai patokan saat ingin membeli burung lovebird yang prospek jadi juara.

3. Badan Sedang

Jika kamu ingin membeli burung lovebird dari ombyokan, maka pilih ukuran badannya yang sedang dan dada yang lebar. Dimana kamu bisa memperhatikan pada bagian dada, leher, badan, ekor dan kaki yang semuanya serasi. Hindari lovebird berbadan pendek.

4. Sayap Mengepit Rapat

Pilihan untuk lovebird juara berikutnya adalah bentuk sayap yang ngepit. Maksudnya lihat bentuk sayap dari lovebird tersebut yang harus ngepit atau rapat. Kemudian, perhatikan ujung sayap burung yang juga harus menyilang.

5. Cara Memilih Lovebird Prospek Untuk Lomba Cengkraman Kaki Kuat

Pilihan untuk jenis lovebird juara yang berikutnya adalah kaki yang mencengkram kuat. Kamu bisa memperhatikan bagian kaki dari si burung yang lebih besar dan terlihat kering. Kaki mencengkram kuat menandakan bahwa lovebird dalam kondisi prima dan sehat.

6. Lincah Bergerak

Perhatikan juga pilihan pada burung lovebird yang selalu bergerak secara lincah dalam kandangnya. Karena burung yang lincah menandakan kondisi mental dan badan yang fit serta bagus untuk diikutkan dalam lomba.

7. Nafsu Makan Besar

Lovebird yang bagus juga memiliki nafsu makan yang besar, atau lahap saat menikmati makanan dalam kandangnya. Ini menjadi metode atau cara memilih lovebird prospek untuk lomba yang potensial. Karena locebird yang tidak nafsu makan bisa jadi sedang sakit dan pastinya lemas.

8. Cara Memilih Lovebird Prospek Untuk Lomba Leher Panjang

Selanjutnya kamu bisa juga memilih jenis lovebird yang memiliki leher panjang. Hal ini akan mempengaruhi suara burung yang juga bisa lebih panjang dan ngekek dalam durasi yang lama. Tentu saja ini akan bagus untuk kamu ikut sertakan pada gantangan.

9. Bola Mata Besar

Cara memilih lovebird prospek untuk lomba berikutnya adalah burung yang memiliki bola mata besar dan bersih bersinar. Mata lovebird semacam ini akan memberikan tanda bahwa burung tersebut mempunyai kesempatan untuk menang dalam setiap lomba yang diikuti.

10. Tidak Mudah Cabut Bulu

Opsi terakhir yang bisa kamu jadikan patokan saat memilih jenis lovebird yang bagus untuk ikut lomba adalah bulunya yang tidak mudah dicabut. Ini akan membuat burung kamu semakin gagah dengan tampilan komplit dan pastinya punya prospek untuk jadi juara dalam lomba.

Dari beberapa metode pemilihan burung lovebird yang memiliki prospek juara diatas. Kamu bisa menjadikannya dasar saat berminat membeli burung dari kandang ombyokan. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan burung yang bagus untuk lomba kapan saja.

Cara Memilih Lovebird Prospek Untuk Lomba Dan Waktu Yang Tepat

Selain mempelajari bagaimana cara memilih lovebird prospek untuk lomba. Kamu juga bisa menentukan jadwal atau waktu yang pas untuk ikut lomba lovebird. Kamu bisa memperhatikan beberapa aspek, seperti:

• Birahi stabil dan tidak sedang over birahi.
• Senantiasa berbunyi di sangkarnya
• Latah ketika mendengar burung lain berkicau.
• Sering mengepakkan sayap dengan ujung menyilang.
• Membusungkan dada ketika didekati.
• Makan lahap dan volume suara terdengar kencang.
• Sering ngekek panjang dan mental berani.

Nah, jika kamu sudah melihat beberapa ciri-ciri yang ada di atas, artinya burung lovebird milikmu sudah siap untuk diikutkan lomba. Jangan lupa secara konsisten memberikan EF seperti biji-bijian, buah segar, sayuran, dan lainnya yang bisa menjadikan stamina burung tetap terjaga.

Tapi, jangan berlebihan karena bisa menyebabkan burung terlalu gemuk dan malas berbunyi. Artinya, kamu harus menjadwalkan pemberian EF jangan sampai burung hanya memikirkan makan dan malas berbunyi.

Tidak ada salahnya juga jika kamu berikan tambahan vitamin atau suplemen yang bisa kamu temukan pada kios terdekat.

Cara Memilih Indukan Lovebird Yang Bagus Untuk Ternak

Selanjutnya, kamu juga bisa mempelajari bagaimana cara memilih jenis indukan lovebird yang bagus untuk dijadikan bibit ternak.

Hal ini meliputi beberapa hal yang bisa kamu perhatikan secara langsung dan terlihat pada burung.

Caranya memilihnya adalah:

Pilih Jenis Berkualitas

Seperti yang kamu tahu, burung lovebird sendiri memang dikelompokkan pada beberapa jenis. Dan kamu bisa memilihnya sendiri bibit yang bagus dari jenisnya, antara lain:

1. Lovebird Leher Kuning.
2. Abisinia.
3. Black Collared.
4. Madagaskar.
5. Muka Salem.
6. Lovebird Fischery.
7. Biola.
8. Topeng.

Tentu saja pilihan ini bisa kamu sesuaikan dengan selera sendiri. Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikan perawatannya agar prospek untuk jadi bibit ternak.

Lihat Dari Usianya

Jika kamu berminat menjadi peternak burung lovebird, maka kamu juga harus memperhatikan dari segi usianya. Dimana kamu harus memilih lovebird yang berusia minimal 1 tahun. Jiak mungkin, upayakan agar usia burung yang jantan lebih tua dari betina. Tujuannya, agar lebih mendominasi pada burung betina saat proses perkawinan.

Sepasang Jantan Dan Betina

Untuk mewujudkan impian kamu menjadi peternak lovebird yang sukses. Maka kamu harus mendapatkan bibit jantan dan betina atau sepasang. Hal ini bisa bisa kamu ketahui setelah beberapa hari menaruh kedua burung dalam kandang. Jika mereka membuat sangkar bertelur, maka bisa dipastikan burung sepasang. Jika tidak, artinya jenis kelamin burung tersebut sama.

Lincah Dan Gesit

Pilihan pada jenis burung lovebird yang lincah dan gesit juga merupakan hal yang bagus untuk dilakukan. Karena sebagai indukan untuk ternak, kamu mesti memiliki sepasang lovebird yang sehat dan pastinya mental yang juga harus kuat.

Gemar Berkicau

Kemudian, perhatikan juga kicauan burung selama berada dalam kandang bersama pasangannya. Jika burung tersebut gemar berkicau, maka kamu bisa memilihnya untuk dijadikan sebagai indukan ternak. Karena hal utama dalam penilaian burung lovebird saat lomba adalah kicauan atau ngekek panjang.

Nah, setelah kamu menyimak semua penjelasan tentang cara memilih lovebird prospek untuk lomba. Maka kami yakin, kamu sudah bisa memahami apa yang harus dilakukan. Jangan lupa ikuti terus website kami untuk mendapatkan info seputar burung yang lengkap dan bervariasi. Semoga bermanfaat!

Related Posts
Burung Jalak Kebo
Burung Jalak Kebo

Selalu mengganggu kerbau! Merupakan ciri umum dari burung jalak kebo yang memiliki nama latin acridotheres javanicus. Burung ini juga kerap Read more

Perawatan Kacer Mabung
Perawatan Kacer Mabung

Salam kicau mania? Terkait dengan bagaimana metode perawatan kacer mabung, kamu bisa menyimaknya secara lengkap dalam artikel ini. Seperti yang Read more