Burung Nuri

Psittaculidae, atau burung nuri yang masuk dalam keluarga burung paruh bengkok. Dimana pembagian spesiesnya menjadi 196 jenis dan 54 genera.

Menurut klasifikasi ilmiahnya, burung ini masuk ke kerajaan animalia dari filum chordata dan kelas aves. Ordo burung ini psittaciformes dan genus eclectus.

Wilayah penyebaran burung ini banyak ditemukan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Khususnya di pulau Maluku, Ambon, dan Papua.

Burung Nuri

Menarik & Gacor, Burung Nuri Idola Pecinta Kicau

Sebagai pecinta kicau, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan burung nuri. Merupakan salah satu jenis burung berparuh bengkok dan mampu mengeluarkan kicauan dengan volume nyaring.

Bagi sebagian pecinta kicau, beberapa jenis burung kicau memang bagus untuk dipelihara dirumah. Atau tidak dijadikan sebagai burung fighter atau burung kontes. Mereka hanya memelihara burung kicau sebagai tambahan aktivitas dan bertujuan untuk menjaga kelestariannya dalam tangkaran.

Selain itu, kicau yang dikeluarkan oleh burung peliharaan tersebut, bisa menjadi tambahan hiburan tersendiri. Bahkan, dikatakan bahwa saat mendengarkan burung berkicau dengan merdu, maka bisa mengobati stress.

Namun, berbeda lagi dengan sebagian pecinta kicau yang memang menyiapkan burung untuk dijadikan fighter dalam kontes. Mereka melakukan perawatan yang intensif untuk menjaga stabilitas vokal dan stamina burung tersebut.

Caranya, dengan memberikan pakan yang cukup serta tambahan makanan yang sesuai dengan kegemaran burung itu sendiri. Tambahan makanan ini bisa didapatkan di alam bebas, seperti buah-buahan, biji-bijian, pisang, pepaya, serangga kecil, telur semut, dan lain sebagainya.

Menurut penelitian dari berbagai sumber yang bisa dipercaya, bahwa pakan tambahan ini memberikan gizi yang lebih banyak. Sehingga burung yang dipelihara akan terjaga kesehatannya dan mampu berkicau dalam waktu lebih lama.

Menariknya lagi, ada sebagian jenis burung kicau yang cerdas hingga mampu menirukan suara burung kicau lainnya. Hal inilah yang kemudian menjadi nilai tambah bagi setiap burung yang dianggap cerdas dan bisa menjadi pemenang saat dilombakan.

Dari sekian banyak jenis burung kicau yang ada, khususnya di Indonesia. Spesies burung paruh bengkok juga sangat mendominasi pada kicau mania.

Salah satunya adalah burung nuri yang terbagi menjadi enam sub keluarga. Diantaranya, adalah psittacellinae, loriinae, agapornithinae, coracopsinae, platycercinae, dan juga psittaculinae. Ini merupakan salah satu jenis burung yang bisa dipelihara di rumahan atau dijadikan sebagai burung kontes.
Bahkan, burung kicau jenis nuri memiliki beberapa kelebihan yang memang tidak mudah dijumpai pada jenis kicau lainnya.

Hal inilah yang kemudian menjadi nilai tambah pada burung kicau satu ini. Sehingga menjadi wajar jika ada banyak kicau mania yang tertarik untuk memelihara dan merawatnya sebagai burung juara.

Macam-Macam Tingkah Unik Burung Nuri!

Burung nuri sebagai salah satu paruh bengkok yang juga mampu gacor layaknya burung kicau lain. Tentu saja memiliki kelebihan yang bisa menarik perhatian para pecinta kicau tanah air. Hal ini menjadi satu keunggulan dan nilai tambah burung jenis nuri sebagai pilihan peliharaan terbaik.

Ada beberapa fakta unik mengenai burung kicau paruh bengkok yang satu ini, seperti:

• Berumur panjang

Mungkin sebagai salah satu pecinta kicau kamu belum mengetahui jika burung jenis nuri memiliki umur yang panjang. Dimana burung satu ini mampu bertahan hidup sampai 70 tahun. Namun, tentu saja agar berumur panjang, nuri mesti dirawat dengan baik dan mendapatkan asupan makanan yang tepat serta cukup.

• Paruh kokoh

Jika dilihat sekilas, bentuk paruh nuri memang kecil dan bengkok. Namun, jangan salah! Patok atau paruh burung ini memiliki kekuatan yang luar biasa dibandingkan dengan jenis burung kecil lainnya. Jika kamu memeliharanya dalam sangkar yang terbuat dari bambu. Maka dengan gigitan paruh burung ini sangkar tersebut bisa patah, dan bisa jadi burung ini terbang lalu menghilang.

• Meniru suara

Burung nuri merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Dimana burung ini mampu menirukan suara yang ada disekitarnya dalam waktu yang cepat serta mudah. Jadi, tidak heran jika burung ini memiliki banyak variasi suara dan tergolong burung yang pintar.

• Berpasangan

Nuri merupakan jenis unggas monogami yang gemar hidup berpasangan dan setia terhadap pasangannya tersebut. Jika di alam bebas, burung ini gemar mencari makan secara berpasangan dan hinggap diatas pohon untuk berkembang biak.

• Kaki untuk makan

Mungkin kamu tidak tahu, saat makan burung nuri kerap menggunakan kakinya untuk menyantap dan menikmati makanannya. Fungsi utama dari kaki burung nuri ini adalah sebagai alat untuk memegang makanannya.

Makanan Pilihan Terbaik Untuk Burung Nuri

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa burung nuri merupakan salah satu unggas yang bisa dipelihara. Namun, selama melakukan perawatan pada nuri, kamu juga harus mengerti apa saja jenis makanan yang terbaik untuk diberikan.

Karena jika tidak, maka burung yang kamu rawat bisa sakit atau lebih parahnya lagi mengalami kematian. Nah, untuk beberapa jenis makanan nuri, seperti:

1. Kacang-kacangan, bisa diberikan pada nuri seperti kacang polong, almond, mete, dan lainnya.

2. Serangga, bisa diberikan sebagai EF nuri, seperti jangkrik atau ulat sutera yang didapat dari alam.

3. Madu, adalah jenis sumber energi yang bagus dan masuk sebagai makanan tambahan.

4. Biji-bijian, komponen utama diet nuri seperti biji bunga matahari, biji kenari, gandum, dan lainnya.

5. Buah-buahan, merupakan makanan tambahan seperti jeruk, kiwi, apel, pisang dan buah beri.

6. Sayuran, seperti bayam, selada, brokoli, dan kale merupakan nutrisi bagus untuk burung nuri.

Tentu saja kamu harus memberikan asupan makanan seperti diatas sesuai dengan takaran yang pas can cukup. Bahkan, kamu bisa memberikan vitamin untuk burung agar staminanya tetap terjaga dan sehat sepanjang hari.

Jangan sekali-kali memberikan makanan yang tidak cocok untuk nuri seperti alpukat, coklat, alkohol, dan makanan berbahaya lainnya.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa secara konsisten mengganti air minum dalam kandangnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung.

Jenis Burung Nuri Terbaik Untuk Peliharaan

Bagi kamu yang berminat untuk memelihara burung nuri dirumah, maka bisa memilih jenis yang tidak dilindungi. Namun beberapa jenis ini memiliki kemampuan bagus dan memang unik untuk dipelihara, seperti berikut:

• Nuri kepala coklat, yakni kepala berwarna coklat dengan warna hijau.

• Nuri coklat, jenis nuri di tanah Papua memiliki bulu berwarna coklat gelap dan corak kuning.

• Jardine, mempunyai bulu hijau di bagian kepala hingga dada, berukuran sekitar sekitar 28 cm.

• Meyer, berukuran kecil, tumbuh maksimal sekitar 8 hingga 9 inci berasal dari tanah Afrika.

• Paruh merah, tumbuh mencapai 46 centimeter dengan warna bulu hitam dan merah pada perut.

Beberapa jenis diatas merupakan pilihan nuri yang tepat untuk kamu jadikan sebagai burung peliharaan karena memang tidak dilindungi. Sementara untuk jenis nuri yang dilindungi, dan tidak diperbolehkan untuk dipelihara, adalah nuri dora, Ternate, kepala hitam Talaud, serta Maluku.

Jadi, kamu harus bijak memilih jenis spesies dari burung nuri jika ingin memeliharanya di rumah. Sementara untuk spesies yang dilindungi, sebaiknya biarkan berkembang di alam bebas agar tidak punah dan terjaga kelestariannya.

Related Posts
Burung Pelatuk
Burung Pelatuk

Mematuk 20 kali per detik! Itulah salah satu ciri khas dari burung pelatuk yang memiliki kebiasaan unik. Dimana burung ini Read more

Penilaian Lomba Lovebird
Penilaian Lomba Lovebird

Lovebird naik daun? Tentu saja, ini dikarenakan burung paruh bengkok satu ini termasuk salah satu yang kerap dilombakan. Namun, apakah Read more