Burung Robin

Mirip nama super hero! Menjadi salah satu keistimewaan tersendiri bagi burung robin yang berasal dari China.

Sejak dahulu burung satu ini memang sering dipelihara oleh pecinta kicau sebagai burung rumahan. Dengan tampilan yang unik dan kicau yang khas, membuatnya menjadi salah satu unggas kicau yang menarik untuk dipelihara.

Lalu apa kaitannya burung ini dengan mistis? Baca sampai selesai!

Burung Robin

Pertanda Kematian! Mitos Burung Robin Saat Masuk Rumah

Terkait dengan burung robin, memang banyak cerita mitos yang menyebar khususnya bagi sebagian penduduk Indonesia. Dimana burung ini dianggap sebagai pertanda kematian saat memasuki tempat tertentu atau rumah seseorang.

Namun berbeda ceritanya jika di Inggris, yang menempatkan burung ini nomor satu sebagai unggas yang banyak dicintai oleh penduduk Inggris.

Justru sebenarnya, burung jenis robin sendiri merupakan salah satu unggas kicau yang memiliki suara khas. Bahkan, burung satu ini juga bisa dirawat oleh siapa saja yang berminat memeliharanya. Tetapi, bagi yang masih percaya akan mitos, maka tidak ada salahnya juga sepanjang itu tidak merusak.

Seperti yang kamu tahu, jika di Indonesia sendiri ada banyak sekali pecinta kicau. Dimana para pecinta kicau ini kerap memiliki peliharaan unggas kicau dengan karakter yang berbeda. Hal ini biasanya tergantung dengan kegemaran dan kemudahan metode perawatan burung kicau tersebut.

Karena pada jenis burung kicau tertentu, memang ada metode perawatan yang sedikit sulit dan membutuhkan waktu. Misalnya, kamu mencoba merawat dan membesarkan anakan burung kicau sejak baru menetas sampai sudah mandiri.

Atau, ada jenis burung tertentu yang memang tidak mau mengkonsumsi makanan seperti voer dan harus makanan aslinya. Namun, semua itu tetap saja akan kembali pada hobi dan ketekunan seseorang untuk merawat dan memelihara burung tersebut.

Nah, diantara banyaknya jenis burung kicau yang sudah sangat populer di kalangan kicau mania. Mungkin kamu sudah mengenal burung robin, yang namanya mirip dengan superhero yakni Robin Hood. Pastinya ada berbagai keunikan tersendiri bagi burung ini sehingga menarik untuk dirawat.

Terutama pada penampilannya yang menarik kemudian suara kicau yang juga nyaring. Jadi, wajar saja jika ada banyak kicau lovers tertarik dan ingin memeliharanya. Karena burung ini sering diikutkan dalam kontes dan tidak jarang mampu menghasilkan nilai jual yang tinggi.

Burung ini memang memiliki keunikan tersendiri, dan jika sudah sering menang dalam kontes. Maka harga jual burung ini juga cukup tinggi dan mendatangkan keuntungan bagi siapa saja yang memilikinya. Jadi, tidak ada salahnya juga jika kamu mencoba membeli untuk dirawat sebagai peliharaan.

Burung Robin Banyak Jenisnya

Ada pengelompokan tersendiri bagi burung robin yang dinilai menurut kebiasaan dan tampilannya. Burung ini dikenal cukup lincah dan banyak menarik perhatian para kicau mania.

Kamu bisa menentukan sendiri jenis robin yang ingin dibeli atau dipelihara dengan mendatangi kios penjual burung. Atau kamu juga bisa mencari burung satu ini di habitat alam bebas tempatnya membuat sarang.

Beberapa jenis robin yang memang bagus untuk dipelihara, antara lain adalah:

• Robin Bali

Sesuai dengan namanya, burung ini banyak ditemukan di pulau Dewata Bali. Nah, dari tempat asalnya inilah kemudian nama burung ini ditetapkan menjadi robin Bali. Dari sifatnya, burung satu ini hampir mirip dengan jenis robin Jawa. Kamu bisa melihatnya dari kicau, tampilan, dan aktivitasnya saat dalam kandang.

Burung ini, juga bisa kamu rawat dan latih agar bisa diikutkan dalam lomba. Dengan latihan yang rutin dan perawatan yang konsisten. Bukan tidak mungkin burung jenis ini akan memenangkan lomba atau kontes burung di tempatmu.

• Robin Jawa

Kepopuleran dari robin Jawa sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Dimana burung ini menjadi salah satu yang bisa kamu andalkan untuk dijadikan sebagai burung lomba. Kicau burung ini nyaring dan berkicau setiap saat jika dilakukan perawatan yang tepat.

Ciri khas dari burung satu ini bisa kamu lihat dari penampilannya, yakni memiliki warna abu-abu dan kepala hijau. Dagu dan lehernya warna kucing cerah. Badan burung ini mungil, dan mampu bergerak secara lincah saat dalam kandang dengan kondisi yang sehat.

• Robin Gacor

Robin gacor juga merupakan salah satu jenis yang juga bisa dipelihara untuk menjadi burung kontes. Kamu bisa melihat karakteristik dari burung ini yang tak jauh beda dengan jenis lain. Selain itu, burung ini juga memiliki kicauan yang merdu dan khas.

Jika dilihat dari tampilan, robin gacor ini memiliki tubuh dengan ukuran yang sama dengan jenis lain. Kemudian, jika sudah dirawat dan gacor, harga jualnya juga cukup tinggi.

Menariknya lagi, jenis ini mampu memenangkan lomba sampai berkali-kali. Nah, dari pengelompokannya tersebut, kamu bisa menentukan sendiri ingin memiliki burung jenis robin mana. Kamu bisa merawatnya dengan baik agar burung bisa diandalkan kapanpun kamu ingin melombakannya.

Apa Keistimewaan Burung Robin?

Tentu saja pada burung robin memiliki berbagai keistimewaan yang mungkin belum kamu ketahui. Hal ini biasanya meliputi penampilan dan kicauan burung itu sendiri. Agar kamu bisa lebih jelas apa saja keistimewaan burung ini, maka silahkan simak penjelasan lengkapnya, berikut!

1. Asal burung robin

Dikatakan bahwa burung robin ini berasal dari wilayah Amerika Utara. Kemudian bermigrasi dan menyebar termasuk ada habitatnya di Indonesia.

2. Andalan lomba

Burung ini juga bisa diikutsertakan dalam lomba kicau sesama jenis robin. Dimana, kicauannya juga bisa kamu andalkan dan memungkinkan untuk menang.

3. Nilai jual tinggi

Saat sudah berhasil menjadi juara lomba berkali-kali, maka nilai jual robin juga sangat tinggi. Pastinya ini akan sangat menguntungkan bagi si pemilik burung.

4. Kicauan bagus

Seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa paragraf yang ada di atas tadi. Bahwa burung ini memang memiliki jenis kicau yang nyaring dan merdu sehingga enak untuk didengar.

5. Makanan

Saat merawat burung ini dirumah, maka kamu bisa memberikan makanan berupa ulat Hongkong, kroto, jangkrik, dan belalang. Atau bisa juga buah seperti apel, pepaya, dan pisang.

6. Sarang

Robin suka membuat sarang sendiri di alam liar terdiri akar dilapisi lumpur. Namun, saat dipelihara di rumah, kamu bisa memberikan kandang yang cukup sesuai dengan bentuk tubuhnya yang mungil.

7. Stress

Diketahui juga jika burung ini memang sangat mudah mengalami stress baik di alam bebas maupun saat dirawat manusia. Hal ini disebabkan kondisi cuaca yang berubah atau kebiasaan lainnya yang berbeda.

Artinya, kamu memang harus memberikan perawatan khusus bagi jenis burung ini agar tidak mudah stress. Karena jika diabaikan, maka akan berakibat tidak bagus pada kesehatan burung itu sendiri. Selain itu, menjaga kebersihan kandangnya juga merupakan hal penting untuk dilakukan.

Karena jika kandangnya kotor, maka akan dihuni oleh banyak kuman atau kutu yang berbahaya. Jadi, kamu harus benar-benar memperhatikan kebersihan kandang burung robin agar tetap sehat dan lincah bergerak setiap hari.

Related Posts
Burung Parkit
Burung Parkit

Burung Parkit - Jika pada beberapa artikel admin yang lalu sudah mengulas tentang beberapa jenis paruh bengkok seperti lovebird, nuri, Read more

Burung Tengkek Udang
Burung Tengkek Udang

Menangkap ikan sambil terbang! Burung tengkek udang menjadi salah satu jenis unggas yang memang hobi makan ikan kecil di sungai. Read more