Burung Pleci

Ada burung pakai kacamata? Gak mungkin! Namun itulah kenyataannya dan menjadi karakteristik dari burung pleci atau yang kerap disebut burung kacamata.

Jangan pikir bahwa pleci tidak memiliki kelas dalam kontes! Justru, pleci yang sudah juara bisa dijual dengan harga selangit atau jutaan rupiah.

Nah, bagaimana cara menentukan jenis pleci yang jantan dan betina untuk burung fighter atau masteran? Baca sampai selesai!

Masuk Dalam Famili Zosteropidae – Burung Pleci Mungil Gacor Bukan Main!

Jangan lihat bentuk tubuhnya yang kecil mungil! Saat burung pleci membuka paruh dan berkicau, maka kamu akan terheran-heran melihatnya. Karena burung ini mampu mengeluarkan volume kicau yang nyaring, kuat, dan bervariasi.

Menariknya lagi, pleci mampu menirukan suara kicau burung lain yang ada di dekatnya. Jadi, wajar saja jika burung ini banyak dicari dan diminati oleh para kicau mania yang ingin memeliharanya. Karena selain perawatannya mudah, burung ini ini juga tidak ribet untuk dipelihara.

Kamu hanya perlu menyiapkan ukuran kandang yang sesuai, kemudian menyediakan makanan dan minum yang cukup.
Dimana burung ini akan melakukan aktivitasnya setiap hari, terbang kesana-kemari dalam kandang, makan lalu berkicau.

Burung ini mampu mengeluarkan suara ngeplong untuk memancing burung lain berkicau.
Kicaunya yang khas akan terdengar nyaring dan pastinya kuat. Selain itu, pleci bisa menirukan suara burung lain dengan cepat.

Burung Pleci

Ciri–Ciri Burung Pleci Secara Umum

Admin yakin sebagian kicau lovers tentu sudah sangat mengenal burung pleci. Dimana spesies burung ini memiliki kelompok yang besar yang tersebar di wilayah Indomalaya, Afrotropic, dan Australasia.

Nah, agar kamu bisa lebih jelas mengenal pleci, maka kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Panjang tubuh dari paruh hingga ekor 8 sampai 15 cm.
2. Ada lingkaran putih mengelilingi mata.
3. Burung kacamata hidup berkelompok.
4. Setiap kelompok terdiri 4 burung atau lebih.
5. Bentuk ekor pendek dan membentuk huruf V.
6. Lingkar mata jantan lebih tebal dan tak terputus.
7. Tubuh kecil dan suara merdu.
8. Lebih dari 70 spesies pleci tersebar di dunia.
9. Lebih dari 10 jenis pleci tersebar di Indonesia.
10. Memakan buah-buahan dan serangga.
11. Warna bulu punggung hijau lumut tua.
12. Bagian dada kekuningan.
13. Kaki berwarna hitam.

Nah, dari beberapa ciri-ciri yang sudah dijelaskan pada laman atas. Kamu sudah bisa mengenali bentuk fisik dari burung kacamata atau pleci. Di Indonesia sendiri, burung ini memiliki penyebaran yang cukup banyak, dan mudah ditemukan pada saat di alam bebas.

Burung Pleci Memiliki Jenis Yang Beragam

Setidaknya ada 12 jenis burung pleci yang tersebar dan memiliki habitat di negara Indonesia. Kamu bisa membedakannya saat melihat bentuk fisik dan tampilan dari masing-masing jenis yang ada.

Beberapa jenis pleci di Indonesia adalah:

• Dakun marmer

Pleci ini memiliki warna pada bagian dadanya kuning dan iris matanya yang berwarna merah. Dakun marmer merupakan jenis pleci dengan mental kuat dan volume suara keras. Akmu bisa dengan mudah menemukan jenis pleci in di wilayah pegunungan Merapi Indonesia.

• Pleci Bali

Selanjutnya ada pleci Bali, dengan ciri khas bagian dada kuning dan postur tubuh lebih besar dibanding pleci Jawa. Jenis ini bisa dikenali secara mudah jika melihat lingkar putih di mata yang lebih lebar dan suara mirip dengan ayam alas saat burung ini berkicau.

• Dakun maput

Pleci dakun maput memiliki corak bulu bagian dada yang berwarna kuning. Kemudian bagian lingkaran mata putih dengan suara khas yang sangat bening. Punggung pleci jenis ini mempunyai bulu warna hijau kekuningan, serta memiliki habitat di pulau Jawa.

• Dakun macok

Disebut macok, karena dari singkatan mata coklat dan bagian bulu dada berwarna kuning. Jenis ini menjadi salah satu yang paling digemari oleh kicau lovers karena volume suaranya jernih dan keras. Selain itu dari segi harga burung ini juga tidak terlalu mahal, dan banyak ditemukan di pulau Jawa.

• Lombok

Pleci kecial atau sering disebut pleci Lombok mempunyai nama ilmiah zosterops chloris maxi. Kamu bisa menemukan habitat dari pleci jenis ini di pulau Nusa Penida dan Lombok. Dilihat dari tampilannya, pleci jenis ini memiliki kemiripan dengan pleci dakun maput, dengan suara yang mirip anak ayam.

• Buxtoni

Pleci buxtoni memiliki tubuh kecil dengan suara mengkristal. Habitat pleci jenis ini ada di pulau Jawa Barat dan Sumatera. Fisiknya ditandai dengan dada yang berwarna abu-abu,serta bagian punggung memiliki warna kuning.

• Pleci Garut

Pleci Garut memiliki suara lantang dan bervariasi dengan ciri fisik paruh panjang dan lebar. Warna bulu dada kuning bening, lalu lingkaran mata berwarna kuning gelap, dan banyak diminati karena cukup murah.

• Jawa Timur

Selanjutnya, ada pleci Jawa Timur, yang bisa ditemukan secara mudah di daerah Jawa Timur. Jenis ini mempunyai warna dada kuning dengan nama ilmiah zosterops flavus. Pada bagian punggungnya lebih cerah dan tanpa garis hitam dibagian mata.

• Salvadori enggano

Memiliki nama latin zosterops salvadori, dengan habitat Pulau Enggano. Fisik pleci enggano dengan ukuran badan besar. Punggung warna kuningan dan dada warna abu-abu gelap. Selain itu warna kepala agak kehitaman.

• Papua

Pleci Papua, tentu saja dengan habitat di Papua yang memiliki panjang tubuh 11 cm. Warna pleci ini putih cerah di dada dan kuning pada tenggorokan. Memiliki dahi hitam, serta mahkota dan penutup telinga warna hijau kekuningan.

• Auriventer

Pleci auriventer tersebar di negara ASEAN termasuk di Indonesia. Habitat dari jenis ini tersebar di wilayah bakau atau pesisir pantai. Cirinya mirip pleci buxtoni dan kacamata tebal serta iris berwarna coklat.

• Montanus

Terakhir adalah jenis pleci montanus atau burung kacamata gunung. Memiliki ukuran tubuh 11 cm, atau lebih besar dari jenis auri dan buxtoni. Pleci montanus bulu perutnya berwarna putih keabu-abuan, serta sisi tubuh warna coklat. Kamu bisa menemukannya di Bali, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Harga Burung Pleci Paling Update

Jika kamu berminat membeli burung pleci dari penjual kios atau peternak. Maka kamu bisa mempelajari harga terkini dari pleci, yang admin jelaskan berikut!

1. Pleci dakun maput bakalan Rp 50 sampai 100 ribuan.
2. Pleci dakun maput gacor Rp 500 ribuan sampai 2 jutaan.
3. Pleci Papua bakalan Rp 100 hingga 250 ribuan.
4. Papua gacor Rp 350 hingga 700 ribuan.
5. Lombok bakalan Rp 50 sampai 100 ribuan.
6. Lombok sudah gacor Rp 150 sampai 500 ribuan.
7. Buxtoni bakalan berkisar Rp 50 hingga 150 ribuan.
8. Buxtoni gacor Rp 400 ribuan sampai 1 jutaan.
9. Pleci auri bakalan Rp 125 hingga 200 ribuan.
10. Pleci auri yang gacor Rp 350 ribuan sampai 1 jutaan.

Dari daftar harga yang ada pada laman atas, kamu bisa mempersiapkan atau memperkirakan bajet untuk membelinya. Namun, pada saat membeli burung pleci, sebaiknya kamu melakukan tawar-menawar dengan penjual untuk harga yang paling disepakati.

Related Posts
Burung Tengkek Udang
Burung Tengkek Udang

Menangkap ikan sambil terbang! Burung tengkek udang menjadi salah satu jenis unggas yang memang hobi makan ikan kecil di sungai. Read more

Makanan Burung Srigunting
Makanan Burung Srigunting

Dalam artikel ini, NusantaraKicau.Com akan menjelajahi lebih dalam mengenai makanan burung srigunting, baik yang ditemukan secara alami maupun yang disediakan Read more