Burung Parkit

Burung Parkit – Jika pada beberapa artikel admin yang lalu sudah mengulas tentang beberapa jenis paruh bengkok seperti lovebird, nuri, serindit, dan lainnya. Kali ini, admin juga akan berbagi mengenai spesies lain dari paruh bengkok yakni burung parkit.

Dimana burung kecil satu ini dikelompokkan kedalam spesies burung bayan atau sering disebut betet. Ciri khas dari parkit adalah memiliki ekor panjang dengan tubuh yang mungil.

Burung satu ini pada jenis tertentu mampu hidup selama 5 hingga 30 tahun di alam bebas. Kemudian, sekali bertelur, parkit bisa menghasilkan sampai 12 butir tergantung jenisnya.

Burung Parkit

Burung Parkit, Kecil Dan Mempesona!

Beberapa sumber mengatakan bahwa burung parkit adalah unggas kicau yang masuk kedalam keluarga psittacidae. Dimana burung satu ini memiliki banyak bulu yang warna-warni, bahkan mampu untuk berbicara.

Namun, tidak semua jenis parkit mampu berbicara, meskipun mampu menirukan berbagai suara kicau burung lainnya.

Jika dilihat sekilas, burung ini mungkin memiliki kemiripan dengan jenis paruh bengkok yang lainnya. Namun, tentu saja ada beberapa perbedaan signifikan pada tubuh parkit bahkan secara umum.

Wilayah penyebaranya juga diketahui ada hampir di seluruh dunia bahkan sampai ke Asia Tenggara dan Australia. Dimana burung ini juga kerap ditemukan di wilayah tropis seperti pada jenis hutan savana, daerah pertanian, hingga perkotaan.

Pada kelompoknya, burung satu ini memiliki banyak warna bulu indah seperti ungu, orange, hijau, merah, biru, dan juga kuning.

Berdasarkan spesiesnya, burung bayan ini dibagi menjadi 12 macam menurut Australian species. Beberapa spesies tersebut, seperti turquoisine parakeet, barra band parakeet, cloncurry parakeet, mallee ringneck parakeet, princess of wales parakeet, dan rock pebbler.

Tidak hanya itu, ada juga spesies parkit yakni port lincoln parakeet, red rumped parakeet, scarlet-chested parakeet, twenty eight parakeet, australian king parrot, dan juga bourke’s parakeet.

Berbagai Macam Burung Parkit Spesies Australian

Supaya kamu bisa lebih jelas mengenai berbagai spesies dari burung parkit. Admin akan menjelaskannya dengan ulasan yang lengkap sehingga kamu akan mudah mengerti.

Nah, beberapa spesies parkit Australia, adalah:

• Australian king parrot

Australian king parrot atau alisterus scapularis memiliki ukuran 16 sampai 17 inci dengan habitat di wilayah Australia Timur, dan mampu hidup hingga 25 tahun lamanya.

Jenis jantan dari burung ini memiliki bulu cerah, kepala dan dada merah, punggung serta ekor hijau cerah. Kemudian pada bagian bawah sayapnya berwarna biru terang.

• Bourke’s parakeet

Bourke’s parakeet dikenal dengan nama ilmiah neo psephotus bourkii yang bertubuh kecil hanya 9 inci saja. Burung jenis ini memiliki habitat di Australia yang bisa bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya.
Burung ini bisa dilatih makan namun tidak terlalu aktif, serta suara kicauan saat sore tidak terlalu keras. Spesies ini diklasifikasikan ke genus neophema.

• Mallee ringneck parakeet

Mallee ringneck parakeet, adalah spesies betet yang memiliki nama ilmiah barnardius barnardi. Dimana burung ini memiliki ukuran tubuh mencapai 13 inci dan berasal dari wilayah Australia Timur. Perlu juga kamu ketahui bahwa burung ini memiliki masa hidup hingga 10 Tahun.

• Princess of wales parakeet

Princess of wales parakeet, juga masuk keluarga betet yang mempunyai nama latin polytelis alexandrae. Burung satu ini memiliki ukuran tubuh yang kecil atau sekitar 18 inci dan memiliki habitat asli dari Australis. Spesies satu ini juga memiliki kelebihan dengan mampu hidup sampai usia 30 tahun.

• Rock pebbler parakeet

Rock pebbler parakeet, juga masuk sebagai salah satu burung parkit yang bisa kamu pelihara. Burung jenis ini memiliki nama ilmiah polytelis ant hopeplus dengan ukuran tubuhnya hanya 15 sampai 16 inch. Habitat asli dari spesies ini berasal dari Australia Barat Daya dan Tenggara, dan mampu untuk hidup selama 30 tahun.

• Turquoisine parakeet

Turquoisine parakeet, adalah spesies burung betet dengan nama latin neophema pulchella. Burung satu ini memiliki ukuran tubuh 8 sampai 9 inci saja. Diketahui, jenis spesies ini berasal dari wilayah Australia Tenggara. Berbeda dengan jenis lainnya, burung ini hanya mampu bertahan hidup 10 tahun saja.

Keunikan Burung Parkit Dan Kelebihannya

Jika dilihat secara mendalam, burung parkit memang memiliki berbagai keunikan dan kelebihan yang mungkin jarang ditemukan pada jenis lain. Hal ini kemudian menjadi magnet yang menarik perhatian para kicau mania.

Beberapa keunikan dan kelebihan yang dimaksud, adalah:

1. Bisa Bicara jika dilatih terus menerus saat dirawat.
2. Suka hidup bersama berpasangan atau kelompok.
3. Punya Cere di atas paruh pembeda jenis kelaminnya.
4. Burung ini tidak biasa Membuat Sarang dari rumput atau lainnya.
5. Punya 4 jari kaki dengan bentuk dua jari kedepan dan dua jari kebelakang.
6. Termasuk dalam jenis Hewan Peliharaan yang sangat aktif dan sosial.
7. Masuk sebagai jenis burung paruh bengkok omnivora dan pemakan biji.
8. Burung ini pada spesies tertentunya mampu bertahan hidup hingga 30 tahun.

Sementara untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betinanya, kamu bisa melihat beberapa ciri sebagai berikut:

Parkit jantan:

• Suara kicau lebih keras dan nyaring.
• Lebih agresif saat bergerak.
• Punya cere warna ungu kebiruan.

Parkit betina:

• Punya cere warna coklat, putih, atau putih kebiru-biruan.
• Suara kicau terdengar kecil.
• Bergerak biasa saja dan terlihat tidak terlalu aktif.

Jenis Makanan Burung Parkit Terbaik

Kamu bisa memelihara burung parkit sebagai burung rumahan dan melatihnya supaya bisa berbicara. Namun, selama merawatnya, kamu harus memberikan pakan cukup dengan jenis makan yang tepat dan pastinya bergizi.

Kamu bisa menemukan jenis makanan yang tepat dari alam atau membelinya pada toko penjual buah. Parkit juga termasuk jenis burung yang suka memakan biji-bijian.

Untuk makanan parkit dari jenis buah, kamu bisa memberinya pepaya, plum, cherry, pisang, pir, dan tomat.

Kemudian, parkit juga senang memakan biji-bijian seperti milet merah, milet warna putih, dan jenis bijian lainnya.

Kamu juga bisa memberi makan burung ini dari jenis sayuran segar seperti jewawut, wortel, dan dedaunan segar lainnya.

Dengan asupan makanan yang cukup, parkit bisa bertahan hidup dan berkicau dalam sangkarnya. Bahkan, kamu bisa merawat burung satu ini dalam waktu yang lama.

Harga Terkini Burung Parkit Di Pasaran

Tidak hanya menjelaskan tentang kebiasaan dan spesies burung parkit saja. Admin juga akan membagikan harga terkini parkit saat kamu berminat membelinya. Ini bisa kamu jadikan sebagai dasar untuk memberikan harga terbaik.

Parkit Australia anakan memiliki harga sekitar 500 ribuan, sementara untuk jenis parkit Australia indukan sekitar 1 jutaan. Burung parkit spesies Australia lutino banyak dijual dengan harga sekitar 500 ribuan. Kemudian untuk Australia lutino indukan sepasang bisa mencapai harga 1 jutaan.

Ada juga jenis parkit lain seperti holland dengan harga 500 ribuan, lokal warna hijau sepasang sekitar 1 jutaan, dan lokal albino sepasang banyak dijual dengan harga 200 ribuan.

Nah, dari penjelasan diatas, bagi kamu yang ingin membeli burung parkit di pasaran atau dari peternak. Maka bisa berpatokan dengan harga yang ada diatas. Namun, tidak menutup kemungkinan harga akan berubah sesuai dengan kondisi atau penawaran dari penjual burung itu sendiri.

Related Posts
Jenis Kacer
Jenis Kacer

Hallo sobat kicau? Sebagai pecinta burung kicau khususnya jenis kacer atau kucica kampung, kamu harus tau berbagai jenis kacer yang Read more

Burung Cucak Ijo
Burung Cucak Ijo

Hijau tapi bukan daun! Chloropsis sonnerati, merupakan nama ilmiah dari burung cucak ijo. Burung satu ini masuk kedalam keluarga chloropseidae, Read more