Burung Kolibri

Mungil namun bersuara nyaring! Merupakan salah satu ciri khas dari burung kolibri. Dimana burung jenis kolibri ada beberapa macam dan kerap dijadikan sebagai masteran untuk burung lain.

Hal ini karenakan kolibri memiliki variasi suara yang rapat dan pastinya bisa dipelihara dengan cara yang mudah. Jika di hutan, sebagian jenis kolibri kerap mengkonsumsi buah-buahan, dan nektar bunga sebagai makanan utama mereka.

Tetapi untuk kolibri yang dipelihara, kebanyakan sudah mau mengkonsumsi voer atau makanan tambahan lainnya seperti air gula, madu, dan buah-buahan.

Terbang Melayang, Burung Kolibri Mengepakkan Sayap 80 Kali Per Detik!

Burung Kolibri

Burung kolibri memiliki nama ilmiah trochilidae, juga kerap disebut dengan kalaces atau cucuk. Termasuk dalam jenis burung kecil yang hanya memiliki ukuran tubuh 6,4 cm. Dimana burung ini memiliki warna yang cerah dan memiliki habitat terbesar di wilayah Amerika Selatan.

Hal menarik dari burung ini salah satunya mampu terbang melayang dalam waktu yang cukup lama saat mencari makan di alam liar. Dimana kolibri mampu mengepakkan sayap hingga 80 kali per detik saat melayang dan menghisap nektar tanaman.

Pada tubuh kolibri, didominasi oleh berbagai bulu yang kemudian menimbulkan pemandangan berbeda seperti gemerlapan.

Saat dilihat sekilas, bulu pada burung jenis kolibri seperti terdapat minyak yang menimbulkan warna mengkilap. Selain itu, burung ini kerap mengeluarkan kicauan yang bervariasi dan nyaring. Sehingga membuat banyak kicau lovers tertarik untuk merawatnya.

Menurut penelitian dari berbagai sumber, bahwa burung ini tersebar di wilayah hutan Amazon Amerika Selatan. Dimana penyebaran burung ini diketahui sekitar 300 spesies.

Dilihat dari sisi ekologi penyebarannya burung ini banyak ditemukan juga di wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Karibia.

Sekitar 338 Spesies Kolibri Dikenal Di Dunia!

Menurut pembagiannya, burung kolibri sendiri diketahui memiliki sekitar 338 spesies yang tersebar didunia. Namun, sebagian besar penyebaran dan habitat dari burung ini adalah di Amerika Selatan tepatnya di hutan Amazon.

Beberapa jenis kolibri yang terkenal, seperti:

1. Topazes.
2. Hermits.
3. Mangoes.
4. Brilliants.
5. Coquettes.
6. Patagonia.
7. Mountain Gems.
8. Bees.
9. Emeralds.

Tidak hanya di Amerika Selatan saja, justru di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis kolibri yang bahkan bisa dipelihara.

Masa Reproduksi Burung Kolibri

Burung kolibri saat terbang melayang kerap mengeluarkan suara dengungan yang khas. Bahkan burung ini juga mampu berkicau dengan banyak variasi.

Saat memasuki masa reproduksi, kolibri jantan pada umumnya akan terbang mondar-mandir sambil berkicau di depan kolibri betina. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian kolibri betina agar mau kawin dan berkembang biak.

Jika dalam hutan atau alam bebas, burung ini akan membuat sarang dari jenis rumput halus atau bulu halus dari tanaman. Dimana sarang burung ini direkatkan dengan jaring laba-laba sehingga membentuk seperti bulatan. Kolibri kerap bertelur 2 buah warna putih, dan diletakkan dalam sangkarnya.
Untuk klasifikasi ilmiah dari burung ini, termasuk dalam keluarga trochilidae dari filum chordata dan kelas aves. Burung ini sendiri memiliki nama ilmiah yakni trochilidae, yang diketahui mampu bertahan hidup hingga 5 tahun.

Jenis Makanan Burung Kolibri Di Alam

Pada alam bebas, burung kolibri juga mencari makan secara aktif untuk bertahan hidup. Ada dua macam makanan burung kolibri secara umum, seperti

• Nektar bunga

Kolibri kerap mengkonsumsi nektar atau cairan manis yang umumnya terdapat pada bunga tanaman. Umumnya, kolibri akan menghisap sari bunga yang sedang mekar, bahkan bunga yang ada pada jantung pisang.

• Buah-buahan

Perlu juga kamu tahu, bahwa kolibri juga gemar mengkonsumsi buah-buahan. Jenis buahan yang umum dikonsumsi seperti pepaya, mangga, dan pisang yang sudah masak.

Namun, saat kamu berminat memelihara burung ini sebagai peliharaan dirumah. Maka kamu juga bisa membiasakannya untuk mengkonsumsi voer.

Penyebaran Dan Habitat Burung Kolibri

Menurut habitat dan penyebarannya, burung kolibri bisa ditemukan pada jenis hutan primer. Namun, kolibri juga kerap ditemukan pada hutan sekunder, terbuka, sabana, bahkan semak belukar.
Tidak jarang juga burung jenis kolibri ini ditemukan pada perkebunan atau lahan pertanian yang sifatnya juga terbuka.

Spesies kolibri ini juga memiliki beberapa wilayah penyebaran yang cukup luas, seperti:

1. Afrika
2. Timur Tengah
3. Asia Selatan
4. Asia Tenggara
5. Cina selatan
6. Indonesia
7. Australia utara

Di alam bebas, umumnya kolibri sering dijumpai terbang sendirian atau bahkan berpasangan. Artinya tidak akan sulit bagi kamu yang ingin menemukan habitat kolibri.

Berbagai Jenis Burung Kolibri

Burung kolibri yang hidup di alam bebas tidak hanya satu jenis. Justru ada beberapa jenis kolibri yang juga bisa dipelihara sebagai burung rumahan atau masteran. Diantaranya adalah:

• Burung Kolibri Ninja

Paling populer dari sekian banyak kolibri dan memiliki penampilan cantik. Bulunya dihiasi campuran warna seperti hitam, ungu, kuning dan kilauan mirip minyak pada kepala. Kolibri ninja memiliki habitat di pinggir hutan dengan ketinggian sampai 200 mdpl.

• Kolibri Sepah Raja

Sepah raja memiliki ciri seperti paruh kecil namun panjang. Gemar meminum nektar bunga untuk makanannya. Memiliki ketahanan tubuh lebih kuat dibanding kolibri lain. Bulunya berwarna merah terang dan hitam ungu serta kuning.

• Kolibri Wulung

Ukuranya lebih besar berkisar antara 14 sampai 15 cm. memiliki sifat petarung agresif, dan suka menggigit saat disentuh dengan tangan. Untuk yang jantan, memiliki warna bulu mahkota dan atas tubuh hijau tua mengkilap, pipinya merah, dan leher dada berwarna coklat.

• Kolibri Kelapa

Manggar atau kolibri kelapa (anthreptes malacensis) merupakan pemakan nektar dengan penampilan cantik. Ukuran kolibri ini sedang yaitu 13 cm. Kolibri kelapa memiliki suara kicau yang merdu dan bervariasi.

• Black Sunbird

Termasuk burung kicau berukuran kecil sekitar 11 cm. Ini merupakan pemakan nektar yang paling dicari pecinta burung Indonesia. Karena masuk salah satu burung langka dan harganya relatif lebih mahal dibanding kolibri lainnya.

• Kolibri Jawa

Kolibri Jawa bernama latin aethopyga mystacalis, salah satu kolibri yang memiliki ciri tidak jauh dengan kolibri pada umumnya. Memiliki ukuran tubuh lebih kecil hanya berukuran 11 cm. jenis ini bisa ditemukan pada pegunungan tropis dengan ketinggian 100 mdpl.

• Kolibri Matari

Kolibri matari mempunyai nama latin cinnyris solaris adalah kolibri yang memiliki ukuran tubuh sama persis dengan kolibri jawa yaitu hanya 11 cm. Tersebar di Sumatra dan Kalimantan. Jantannya memiliki bulu berwarna merah, sayap kuning dan ekornya warna merah.

• Kolibri Ekor Merah

Merupakan burung kolibri dengan ciri-ciri kolaborasi antara warna merah dan hitam. Bagian tubuhnya hitam dan ekor merah. Ukuran tubuhnya mencapai 13 cm yang berkelamin jantan, sedangkan betina hanya 10 cm.

• Kolibri Merak

Disebut juga kolibri gunung dan habitatnya di pegunungan dataran tinggi. Burung ini merupakan burung endemik Jawa dan tidak dapat ditemui di daerah lain. Kolibri ini memiliki ukuran hanya 13 cm. makananya yaitu nektar dan serangga kecil.

Tidak hanya beberapa jenis kolibri yang disebutkan diatas saja. Justru masih banyak jenis kolibri lainnya, seperti sangihe, sriganti, dan rimba. Dimana beberapa jenis burung kolibri ini bisa dijadikan sebagai peliharaan dirumah, dengan memberinya pakan yang sesuai serta bergizi agar burung tidak mati.

Related Posts
Burung Cucak Jenggot
Burung Cucak Jenggot

Masuk ke dalam suku pycnonotidae, burung cucak jenggot berhasil merebut perhatian pada kicau mania dari penampilan dan suaranya. Burung ini Read more

Burung Jalak Putih
Burung Jalak Putih

Putih bersih bagai kapas! Merupakan ciri utama dari burung jalak putih atau dengan nama ilmiah acridotheres melanopterus. Meskipun bagian belakang Read more