Perawatan Kacer

Usaha tak mungkin menghianati hasil! Mungkin itu kalimat yang pas buat kamu para kicau mania yang saat ini melakukan perawatan kacer secara tepat dan pas.

Hal ini memang perlu dilakukan oleh para penggemar burung kacer, terutama bagi yang suka mengikuti lomba/ gantangan. Perawatan yang benar, tentu saja akan mempengaruhi kemampuan burung untuk berbunyi lantang.

Tentu saja ini akan menguntungkan bagi si pemilik burung kacer jika menang. Karena kamu bisa menaikkan trah burung apabila kamu memiliki peternakan sendiri secara mandiri. Otomatis para kicau mania akan melirik bisnis kamu dan berbondong-bondong memberikan harga yang tinggi.

Nah, lalu bagaimana cara perawatan burung kacer yang tepat? Silahkan ikuti artikel ini sampai selesai!

Perawatan Kacer

Kenali Dulu, Sebelum Melakukan Perawatan Kacer!

Sebelum kita kupas lebih lanjut mengenai bagaimana cara perawatan kacer yang pas supaya gacor. Sebaiknya kita ulas dulu sedikit mengenai deskripsi dari burung itu sendiri.

Hal ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang burung kacer dan sebagai dasar melakukan perawatan yang pas. Perlu kamu tahu, bahwa merawat burung kacer memang gampang-gampang susah. Namun, kamu tidak perlu menjadi profesional dalam melakukannya.

Kamu cukup mencari referensi dari artikel yang kami bagikan kali ini agar perawatan kamu membuahkan hasil yang sesuai ekspektasi. Seperti yang kamu tahu, bahwa burung kacer atau kucica kampung dengan nama latin copsychus saularis. Adalah jenis unggas kicau yang sudah sangat terkenal.

Tidak hanya didalam negeri (Indonesia) saja. Burung ini juga begitu populer di luar negeri, tepatnya pada wilayah penyebaran habitatnya. Sementara untuk melakukan perawatan pada burung kacer peliharaan, memang wajib dilakukan pemilik baik untuk lomba atau burung rumahan.

Jangan Salah Merawat Kacer, Bisa Fatal Akibatnya!

Perawatan Burung Kacer

Perawatan pada burung kacer secara tepat, akan mempengaruhi kesehatan dari burung itu sendiri. Tentu saja ini meliputi berbagai mulai dari kandang, kebersihan, makanan utama, makanan ekstra, perawatan harian, dan lainnya. Jika kamu salah melakukan perawatan, maka bisa fatal bahkan bisa jadi burung kacer yang kamu pelihara akan mengalami kematian.

Kacer sendiri merupakan jenis burung kicau dengan karakter umum, memiliki tubuh kecil dan ramping dengan bulu halus dan indah, panjang 19-20 cm, dan berat 38-58 gram.

Bentuk kepala burung kacer kecil dilengkapi olah paruh pendek dan tajam. Burung jenis ini memiliki leher pendek dan tubuh kekar serta sayap lebar lengkap dengan ekor panjang. Bisa dikatakan juga bahwa burung satu ini masuk dalam keluarga burung murai dengan ciri warna bulu hitam dan putih.

Suara burung kacer dikenal merdu dan indah, khususnya kacer jantan suara lebih lantang dan volume strong dibandingkan kacer betina.

Nah, untuk merawat kondisi burung satu ini agar tetap sehat dan bisa ikut lomba. Maka pemilik wajib mempelajari beberapa hal yang akan mempengaruhinya secara signifikan. Bagaimana caranya? Perhatikan penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Mau Trah Kacer Kamu Naik Harga Selangit? Ikuti Tutorial Perawatan Kacer Di Bawah Ini!

Seperti yang dijelaskan pada laman atas, bahwa pemilik burung kacer memang harus secara rutin melakukan perawatan kacer harian. Tujuannya, agar burung tetap sehat dan gacor dor saat dilombakan gantangan.

Dengan demikian, kamu bisa memasang tarif selangit pada burung pemenang, dan bisa menang berkali-kali. Ini akan mempengaruhi kelas atau ranking pada burung itu sendiri saat sudah mendapatkan sertifikat juara.

Khususnya bagi kamu semua kicau mania yang masih pemula. Membaca artikel ini untuk memahami perawatan burung kacer yang pas, wajib dilakukan!  Bagaimana caranya? Simak sampai selesai!

A. Kasih Pakan Seimbang

Dalam melakukan perawatan burung kacer, yang harus kamu perhatikan adalah pemberian pakan yang seimbang.

Maksudnya, kamu harus memberikan makanan utama burung seperti pur, buah-buahan, biji-bijian, termasuk jangkrik serta ulat hongkong. Ingat! Memberikan makanan pada burung dalam keadaan bersih agar tetap sehat dan terjaga staminanya.

B. Pastikan Air Minumnya Bersih

Selain makanan yang cukup, burung kacer juga wajib kamu berikan minum berupa air bersih. Kamu juga harus senantiasa mengganti air minum pada cup burung setiap hari.

Hal ini perlu dilakukan, agar suara burung tetap stabil dan tidak mengkonsumsi air yang kotor. Selain mempengaruhi suara burung, air kotor juga bisa membuat burung lemas dan tidak sehat.

Perhatikan juga tata letak cup makan dan minum kacer kamu supaya tidak terkena kotoran dari burung.

C. Beri Suplemen Cukup

Perlu diingat! Bahwa selain makan dan minum yang cukup, kamu juga harus memberikan suplemen pada kacer. Ini akan membantu meningkatkan stabilitas suara dan kondisi kesehatan dari kacer peliharaan kamu. Kamu bisa menambahkan suplemen berupa kalsium, protein, serta vitamin.

D. Perhatikan Kondisi Lingkungannya

Memperhatikan kondisi dari lingkungan sekitar juga sangat penting. Dimana kamu bisa membuat burung merasa nyaman.

Kamu harus menggantungkan sangkar burung dalam keadaan bersih, dan tidak terlalu terkena polusi.
Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa lingkungan tempat menaruh sangkar burung bebas dari asap dan

kebisingan. Tak hanya itu, taruh sangkar kacer kamu pada tempat yang teduh. Tujuannya, agar burung kamu tidak stress.

Perawatan Kacer Lanjutan Supaya Strong!

Selain beberapa metode perawatan kacer yang sudah dijelaskan pada laman atas. Kamu juga bisa mengikuti cara merawat seperti berikut ini!

1. Bersihkan Sangkar Dari Kotoran

Jangan lupa membersihkan sangkar burung kamu secara rutin dan teratur. Kamu bisa menjadwalkan pembersihan kandang ini dalam waktu 3/ 4 hari sekali.

Selama membersihkan kotoran pada bagian bawah kandang, sebaiknya dilakukan saat pagi hari dan kandang dikerodong.

Agar burung kamu tidak stress karena kandang diturun naikkan dari tempatnya. Lakukan secara perlahan dan hati-hati!

2. Rawat Kesehatan Kacer

Perawatan kacer selanjutnya yakni dengan memperhatikan kesehatan pada burung kacer. Hal ini bisa kamu lihat dari aktivitas yang dilakukannya seperti lompat pada tenggeran, berbunyi setiap saat, dan makan dan minum secara lahap.

Karena jika kacer kamu tidak sehat, maka cenderung tidak berbunyi dan tidak bergerak secara aktif. Jika ini terjadi, maka kamu harus segera mengobati burung tersebut dengan obat yang sesuai. Caranya, tanyakan pada perawat burung yang sudah profesional atau peternak.

3. Beri Stimulasi Mental

Untuk kesehatannya burung kacer, kamu juga wajib memberikan stimulasi mental. Misalnya memberikan mainan atau alat serta waktu untuk berinteraksi dengan manusia.

Selain itu, kamu bisa melatih mental burung dengan mendekatkan pada burung lainnya. Tujuannya, agar kicau burung semakin bervariasi dan tidak kesepian.

4. Melatih Suara Kacer

Melatih suara kacer juga bisa kamu lakukan secara terjadwal. Metodenya mudah, kamu bisa mendekatkan pada jenis burung lainnya seperti pleci, sogon, murai batu, kenari, pelatuk, dan lain-lain.

5. Bawa Ke Luar Ruangan

Setelah burung kamu isi volumenya agar lebih bervariasi, maka kamu bisa menggantungkan sangkar burung di luar ruangan. Ingat! Jangan digantung ditempat yang panas atau terkena terik matahari. Cukup kamu gantung ditempat yang teduh dan terkena angin.

Nah, dari beberapa metode yang dijelaskan, kami yakin kamu sudah sangat memahami bagaimana cara perawatan kacer yang tepat. Jangan lupa, terus ikuti artikel kami lainnya yang banyak mengulas tentang jenis unggas kicau berkelas sekaligus metode perawatannya.
Sampai jumpa lagi!

Related Posts
Perawatan Lovebird
Perawatan Lovebird

Susah-susah gampang! Melakukan perawatan lovebird sebenarnya tidak sulit dan relatif mudah dilakukan. Namun, bagi para pemula yang belum memahaminya, memang Read more

Panduan Lengkap Makanan Burung Cendet untuk Kesehatan dan Performa Terbaik
Makanan Burung Cendet

Dalam artikel ini, Nusantara Kicau akan membahas secara detail mengenai makanan yang cocok untuk burung cendet, serta tips untuk memaksimalkan Read more