Burung Siri-Siri

Masteran terbaik burung siri-siri! Masih menjadi andalan beberapa pecinta kicau yang memeliharanya sebagai masteran. Tentu saja karena suara siri-siri ini sangat bervariasi dan pastinya merdu saat terdengar.

Kamu bisa memiliki burung ini dengan cara menangkapnya dari alam atau membelinya di toko penjual burung.

Penasaran dengan jenis unggas kicau satu ini? Baca artikelnya sampai selesai!

Burung Siri-Siri Idola Para Kicau Lovers Nusantara!

Burung Siri-Siri

Kerap disebut dengan cucak rawis, meskipun sebenarnya burung siri-siri ini berbeda spesiesnya. Memang jika dilihat sekilas, kedua burung tersebut ada kemiripan, sehingga para kicau mania sering terkecoh oleh penampilannya.

Seperti yang kamu tahu, ada banyak sekali jenis burung kicau yang bisa ditemukan baik di alam bebas maupun pada tempat tertentu. Bahkan, masing-masing burung tersebut juga memiliki kelebihan dan harga jual tersendiri.

Kamu bisa memilih jenis unggas kicau mana yang paling cocok untuk dijadikan sebagai peliharaan dirumah. Bahkan, kamu bisa menjadikannya sebagai masteran untuk burung lain atau ikut dalam beberapa kontes yang diselenggarakan.

Apabila burung kicau yang kamu miliki berhasil menjadi juara, maka secara otomatis trahnya akan naik. Begitu juga dengan harga jual burung tersebut menjadi semakin tinggi.

Namun, semua itu tentu saja tak akan luput dari metode perawatan burung yang konsisten dan tepat. Jika kamu melakukannya dengan tepat, maka burung yang kamu miliki akan tetap sehat dan pastinya punya harga jual yang bagus.

Dari sekian banyak jenis kicau, siri-siri menjadi salah satu yang juga diidolakan banyak kicau lovers. Hal ini dikarenakan siri-siri memiliki kicau yang khas dan penampilan yang mendukung sebagai unggas peliharaan.

Kamu bisa memilih dua jenis diantaranya, yakni siri-siri besar dan kecil. Namun, kebanyakan kicau mania memilih jenis siri-siri besar untuk masteran.

Habitat Burung Siri-Siri Di Indonesia

Dikenal dengan volume suara yang nyaring dan kuat, burung siri-siri memang bagus untuk dijadikan sebagai masteran burung lain.

Apalagi, untuk menemukan burung ini juga tidak akan sulit. Kamu bisa menelusuri wilayah hutan dan menggunakan pikat. Untuk di negara Indonesia sendiri siri-siri memiliki beberapa tempat penyebaran.

Dimana burung ini kerap dijumpai pada wilayah seperti pulau Bali, Jawa (Ixos Virescens), Sumatera (Ixos Virescens Sumatranus), Gunung Slamet, Merapi, dan Bukit Barisan.

Khusus pulau Sumatera, jenis siri-siri yang sering dijumpai adalah siri-siri besar. Kemudian, antara siri-siri yang ada di Jawa dan Sumatera, mempunyai beberapa kemiripan jika diperhatikan sekilas. Namun, ada perbedaan jelas yakni ras Jawa berwarna hijau cerah, sementera ras Sumatra mempunyai jambul kecil.

Ciri Morfologis Burung Siri-Siri

Seperti yang sudah dijelaskan pada laman atas tadi, bahwa burung siri-siri mempunyai dua jenis yakni besar dan kecil.
Jika ingin menemukan siri-siri kecil, maka akan banyak terlihat di pulau Jawa dan Bali. Sementara untuk siri-siri besar, bisa dijumpai di pulau Sumatera.

Untuk mengenali burung ini sangat mudah, kamu bisa melihat dari warna yang ada pada bulunya seperti hijau zaitun cerah untuk siri-siri di Sumatera. Sedangkan yang ada di Jawa atau Bali, warna hijaunya agak sedikit kusam.

Selain itu, ada perbedaan juga antara siri-siri yang besar dan kecil. Dimana siri-siri besar memiliki ukuran tubuh sekitar 22 cm. Sedangkan siri-siri kecil, memiliki ukuran tubuh hanya 20 cm saja.

Makanan Tepat Untuk Burung Siri-Siri

Burung siri-siri, merupakan salah satu unggas penghuni hutan yang mencari makan di wilayah penyebarannya. Hal ini dilakukan untuk bertahan hidup dan berkembang biak guna menambah jumlah spesiesnya.

Dalam hutan, siri-siri mengkonsumsi berbagai makanan yang tersedia. Seperti memakan buah-buahan segar, dan juga serangga kecil.

Bagi kamu yang berminat memelihara siri-siri dirumah sebagai masteran atau burung fighter. Maka kamu bisa memberikan makanan yang sesuai.

Selain menyediakan kandang yang cukup agar siri-siri bisa bebas bergerak secara aktif. Kamu juga harus menyediakan air minum agar burung tidak mengalami dehidrasi.

Untuk perawatannya, siri-siri membutuhkan asupan makanan yang cukup seperti voer. Selain itu kamu bisa menambahkan makanan ekstra lainnya seperti buah-buahan pisang kepok atau pepaya.

Tak hanya itu, memberikan jangkrik, belalang, ulat hongkong, dan kroto juga bisa dilakukan agar burung mendapatkan protein yang baik.

Dengan demikian, burung kamu akan tetap sehat dan, memiliki stamina yang kuat. Sehingga, siri-siri akan terus berkicau sepanjang hari.

Download Suara Kicau Burung Siri-Siri terbaik

Dalam artikel ini admin juga sudah menyiapkan link download suara burung siri-siri. Dimana kamu bisa mengunduh sound Mp3 dengan mudah dan tidak membutuhkan biaya sedikitpun.

Kamu bisa menggunakan sound ini sebagai masteran pada burung peliharaan atau sebagai pikat dalam hutan.

Download suara siri-siri tembakan tajam sebagai masteran “DISINI”.

Unduh suara pikat hutan cucak rawis gacor “DISINI”.

Link download suara burung pleret untuk pikat hutan terbaik “DISINI”.

Kamu hanya perlu mengklik pada ikon download yang sudah disediakan pada laman atas. Kemudian kamu ikuti saja perintah selanjutnya untuk mendapatkan suara Mp3 dari jenis burung yang diinginkan.

Jenis Spesies Burung Siri-Siri

Perlu juga kamu tahu secara jelas mengenai dua macam spesies burung siri-siri yakni jenis yang kecil dan besar. Hal ini bisa kamu lihat dari tampilan dan corak warna bulu yang ada pada tubuhnya.

1. Siri-siri besar

Juga disebut siri-siri raja atau dengan nama ilmiah Ixos Virescens Sumatranus. Banyak ditemukan di Sumatera dengan habitat hutan rimba Bukit Barisan Selatan. Bulunya berwarna hijau mendominasi.

2. Siri-siri kecil

Dengan nama latin Ixos Virescens terdapat diwilayah Bali dan Jawa. Bagian tubuh lebih kecil dari siri-siri besar dengan penyebaran wilayah hutan.

Update Harga Burung Siri-Siri Dipasaran

Untuk mengetahui berapa harga burung siri-siri saat ini. Kamu bisa melihat penjelasannya dibawah ini!

• Siri-siri masih bahan, kisaran Rp 100.000.
• Siri-siri bahan sudah jinak dengan harga Rp 150.000.
• Siri-siri sepasang disekitar harga Rp 400.000.
• Harga siri-siri sepasang yang siap kawin Rp 500.000.
• Jenis siri-siri juara lomba mencapai harga Rp 1.000.000.
• Jenis siri-siri yang sudah gacor sekitar 250.000.

Dari daftar harga yang sudah admin jelaskan, tentu saja kamu bisa menyiapkan bajet yang sesuai. Agar lebih mudah, kamu bisa pergi ke toko penjual burung atau bahkan langsung ke peternaknya. Dengan demikian kamu bisa melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga terbaik.

Perbedaan Burung Siri-Siri & Cucak Rawis

Burung siri-siri sering dianggap cucak rawis, meskipun kedua spesies ini berbeda. Agar kamu bisa lebih jeli membedakannya, silahkan simak ulasannya berikut!

Ciri burung siri-siri:

1. Siri-siri memiliki bulu berwarna zaitun gelap.
2. Bagian bulu dada siri-siri warna putih dan bercak abu-abu.
3. Untuk bulu bagian perut siri-siri sampai ke tunggir warna putih.
4. Iris mata berwarna coklat.
5. Kicau siri-siri nembak dan besetan rapat.

Ciri burung cucak rawis:

1. Bulu tubuh cucak rawis kehijauan dan kecoklatan.
2. Bagian dada cucak rawis abu-abu kehijauan.
3. Perut ke tunggir cucak rawis warna putih kekuningan.
4. Cucak rawis iris matanya hitam.
5. Cucak rawis suaranya mirip burung trucukan.

Dengan memperhatikan beberapa perbedaan yang ada di atas antara burung siri-siri dan cucak rawis. Tentu saja kamu bisa dengan mudah membedakannya saat ingin membeli di toko atau dalam kandang ombyokan.

Related Posts
Burung Jalak Kebo
Burung Jalak Kebo

Selalu mengganggu kerbau! Merupakan ciri umum dari burung jalak kebo yang memiliki nama latin acridotheres javanicus. Burung ini juga kerap Read more

Burung Srigunting
Burung Srigunting

Memiliki nama ilmiah dicrurus macrocercus, kemudian burung srigunting dikategorikan sebagai salah satu unggas kicau dengan banyak mitos. Hal ini sudah Read more